Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami

Layaknya jerawat, pori-pori besar di wajah juga bisa mengganggu penampilan. Sebenarnya setiap orang memiliki lubang ini di kulitnya, namun jika ukurannya terlalu besar akan sulit untuk disamarkan. Banyak faktor yang bisa membuat pori-pori tampak lebih besar, salah satunya adalah perawatan kulit yang tidak tepat. Daripada menutupinya dengan riasan, lebih baik lakukan perawatan sederhana untuk mengecilkan atau menyamarkannya. Karena terkadang produk kosmetik tertentu bisa menyumbat pori-pori dan memicu masalah kulit lain seperti jerawat dan komedo.

Munculnya  terjadi pori - pori pada wajah anda, ini disebabkan oleh beberapa faktor
seperti:

a. wajah terpapar sinar matahari langsung, paparan sinar matahari yang terus menerus akan menurunkan produksi kolagen yang akan menimbulkan jaringan di atas kulit mengembang, hal inilah yang membuat pori - pori membesar dan juga menumbuhkan terjadinya jerawat.

b. Malas cuci muka
Penumpukan kotoran dan riasan saat Anda tidur dapat menyumbat pori-pori di wajah dan menyebabkannya mengembang. Meski tidak terlihat, efek dari tumpukan kotoran ini dapat dengan mudah dirasakan karena tekstur kulit tidak lagi mulus.

c. Memencet komedo
Meski menyenangkan, kebiasaan ini bisa memperbesar pori-pori di wajah Anda. Bahkan akibat memencet, kulit juga bisa mengalami peradangan dan jaringan parut

Ada banyak cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat lebih halus yang bisa Anda coba. Selain menggunakan salep untuk mengecilkan pori-pori, Anda juga bisa melakukan perawatan rutin dengan bahan alami. Daripada terus-menerus terganggu oleh pori-pori yang tidak kunjung hilang, mending mencoba cara-cara berikut untuk mengecilkan pori-pori secara alami.

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami


1. Cara mengecilkan pori - pori dengan madu

Madu adalah pelembab alami dan kaya antioksidan serta dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. 
Oleskan satu sendok makan madu ke wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat lalu gunakan toner seperti biasa.

2. Cara mengecilkan pori - pori dengan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk menutupi pori-pori wajah sebelum merias wajah. Cukup oleskan gel selama 15 menit dan biarkan mengeras, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cara mengecilkan pori - pori dengan es batu

Ambil beberapa es batu di dalam freezer dan letakkan di atas tisu atau handuk muka. Oleskan handuk ke wajah Anda secara perlahan dan lakukan selama 15 menit untuk mengecilkan pori-pori

4. Cara mengecilkan pori pori di wajah dengan masker putih telur

Pisahkan putih telur dari kuning telur lalu campur dengan satu sendok makan madu dan sedikit air jeruk nipis. Aduk rata sampai campuran mengental dan tidak berbau. Aplikasikan dengan kuas di sekitar hidung atau wajah di mana pori-pori terlihat. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sabun wajah.

Demikian tips tentang cara mengecilkan pori - pori pada wajah secara alami, semoga bermanfaat.