Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Pohon Bunga Kenanga

PERPUSAMA.COM - Tanaman bunga kenanga memiliki daun yang panjang , memiliki bunga menyerupai bintang maritim , berwarna hijau di di saat muda dan menguning indah di saat sudah siap panen. Bunga kenanga yang sudah menguning tidak bisa bertahan lama , cuma bertahan segar nya berjam-jam saja , dan setelah itu berangsur-angsur menghitam.

Bunga kenanga memiliki aroma yang sangat khas. Bunga kenanga mudah didapatkan di pekarangan-pekarangan rumah warga , ada yang menyebut manfaat bunga ini sebagai  media sesajen untuk hal-hal gaib , ada pula yang menyebut tanaman ini sebagai  kawasan tinggal nya para makluk halus.

Tahukah anda, ektrak dari bunga kenanga banyak di pakai untuk adonan minyak wangi , dan bunga yang segar bisa di jadikan sebagai alat tambahan dalam lulur.

Ada beberapa Mitos seputar kenanga yang ramai diperbincangkan di masyarakat, apakah kita harus percaya atau tidak , itu tergantung kepercayaan masing-masing , percaya monggo dan yang gak percaya ya silahkan. katanya pohon kenanga yang di tanam di depan pekarangan rumah , di yakini memiliki manfaat tersendiri , berikut mitos-mitos nya : 
  • Dipakai sebagai  media pelet
  • Melindungi diri dari gangguan mahluk halus
  • Pohon kenanga bisa menghambat santet apabila di tanam di pekarangan rumah
  • Memberi pengaruh gampang jodoh bagi penghuni rumah
  • Penglaris dagangan
Entah bagaimana bisa mitos seperti itu meningkat , namun ya nama nya kepercayaan , mau tak mau turun temurun tetep aja di percayai.
Bunga kenanga memiliki beberapa macam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan , berikut khasiat pohon kenanga :

Khasiat Pohon Bunga Kenanga

  1. Mengobati batuk dan sesak nafas , cara nya ambil 3 tangkai bunga kenanga yang sudah menguning tepat , rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan sisa kan 1 gelas , minum ramuan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore secara berkala sampai batuk dan sesak nafas pulih. 
  2. Mengobati pusing , caranya ambil 3 tangkai bunga kenanga yang kuning nya , rebus bareng air dan tambahkan  jahe , rebus dengan 3 gelas air sampai menyisihkan 2 gelas , minum pagi dan sore hari
  3. Mengobati Malaria , caranya ambil 3 tangkai bunga kenanga yang kuning nya , seduh dengan air yang mendidih, lalu biarkan dingin airnya dan minum pagi dan sore hari.
  4. Mengatasi amis tubuh , Dengan sering menyantap air rebusan kenanga , maka akan mengembangkan kepercayaan diri , amis tubuh hilang , 
  5. Menjaga area kewanitaan , dengan minum secara rutin  air rebusan bunga kenanga maka bisa mengobati keputihan
  6. Meredakan penyakit encok , rebus beberapa tangkai bunga kenanga yang menguning dan minum air nya 2 kali sehari
  7. Sebagai aroma terapi , Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam bunga kenanga bisa membantu menenangkan tubuh , bener sih saya apabila stres pasti nyari bunga kenanga buat di cium-cium... hmmmm segerin otak
  8. Mengatasi kulit kering , ektrak bunga kenanga sanggup melembabkan kulit , banyak sabun-sabun kecantikan yang memakai ekstrak kenanga sebagai  bahan tambahan produk andalan nya.
Nah itulah beberapa manfaat dari bunga kenanga, jika anda memiliki tanaman bunga ini bisa anda coba sesuai manfaat yang sudah dijelaskan diatas ya. Semoga bermanfaat.