Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengharum Ruangan Alami Yang Bisa dibikin Sendiri di Rumah

Rasanya tidak ada yang mau tinggal atau berlama-lama di kamar yang wangi, apalagi nyaman dan santai. Aroma yang menyenangkan ini tentunya berasal dari bagian tanaman tertentu atau juga dari penyegar udara. Ada pengharum ruangan otomatis, ada juga pengharum ruangan alami. Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Coba lihat kandungan pengharum ruangan otomatis, biasanya ada sejumlah bahan kimia seperti ftalat, acetyl-leather, toluene, styrene, formaldehyde, dan beberapa senyawa benzene.
Apabila konsentrasi bahan kimia tersebut melebihi batas aman maka dapat menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, seperti iritasi, sakit kepala, gangguan pernafasan hingga gangguan kesehatan lainnya. Sebetulnya pengharum ruangan  bisa anda buat dari bahan - bahan alami dan tentunya aman untuk  kesehatan, seperti yang  dirangkum dibawah ini

Berikut bahan - bahan untuk membuat pengharum ruangan secara alami


1. Daun pandan
Daun ini memiliki aroma harum yang khas dan juga dapat mengusir serangga dan nyamuk.
Siapkan daun pandan yang sudah dicuci dan dikeringkan, kemudian potong halus. Masukkan ke dalam kantong berpori besar.
Letakkan kantong berisi daun pandan di atas toilet, rak, sudut ruangan, atau meja dapur. Keharuman daun pandan bisa bertahan dari tiga hari hingga satu minggu.

2. Irisan buah - buahan
Anda dapat mengumpulkan buah-buahan yang tidak  dimakan untuk dikeringkan dan membuat pengharum ruangan alami. Anda bisa menggunakan buah jeruk, apel, beri, cengkeh, dan kayu manis. Setelah kering, simpan dalam mangkuk atau taruh dalam kemasan kecil berlubang, lalu taruh di ruangan agar aroma segar menyebar dan tercium harum.

3. Bunga
Pengharum ruangan alami ini bisa anda buat dari bunga - bungaan kering seperti bunga mawar, melati, lavender, kamomil, pepermin, batang kayu manis.
untuk cara membuatnya gantungkan bunga beserta tangkai tanaman selamq beberapa minggu hingga kering. Jika sudah kering, masukkan ke dalam toples. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial, lalu tutup wadah dan biarkan bunga kering menyerap minyak selama beberapa minggu.
Jika sudah siap, buka stoples. Letakkan di meja ruang tamu, di pojok ruangan atau di tempat strategis lainnya dan biarkan aromanya menyelimuti ruangan.

4. Potongan buah yang dicampur air
Siapkan terlebih dahulu bahannya yaitu air, alkohol, serta potongan buah atau bunga yang aromanya kuat seperti jeruk, melati, atau mawar.
Iris buah atau hancurkan kelopak bunga yang sudah disiapkan. Bilas dengan air dan alkohol dengan perbandingan 2: 1
Simpan dalam wadah tertutup dan biarkan minimal semalaman. Semakin lama disimpan, semakin kuat aromanya.
Tambahkan air dan sedikit alkohol ke dalam botol semprotan. Parfum buatan bisa langsung digunakan.

5. Kulit jeruk, garam dan rempah
Perpaduan tiga bahan ini bisa anda buat sebagai pengharum ruangan alami, buah jeruk yang bisa anda gunakan seperti jeruk nipis atau jeruk lemon. buah ini memiliki kulit yang tebal dan aroma yang kuat.
cara membuatnya belah buat jeruk menjadi dua bagian, lalu anda ambil daging dari kulitnya hingga kosong. setelah itu isikan dengan garam dan rempah seperti cengkih, kayu manis dan kemangi.

6. Kopi
Bahan - bahan yang harus disiapkan seperti gelas atau wadah selai, lilin, kopi bubuk, sumbu dan panci.
cara membuatnya masukan lilin dalam panci untuk di lelehkan di atas kompor, kemudian taruh sumbu dan ambil sedikit lilin yang sudah meleleh, tuangkan ke dalam wadah mangkuk kaca / selai. Saat sudah kering, taburkan ampas kopi di atasnya.
Lakukan secara bergantian hingga hampir penuh.Diamkan 1-2 jam hingga benar-benar padat.Lilin kopi siap menyala dan menikmati aromanya.

Demikian uraian cara membuat pengharum ruangan dengan - bahan bahan alami yang bisa anda coba dirumah, semoga bermanfaat.