Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Tradisional Khas Bali yang Super Enak

Bali adalah destinasi yang populer bagi wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Dengan keindahan yang tersimpan didalamnya menjadikan kota bali ramai pengunjung berdatangan ada yang sekedar untuk membuat momen-momen atau hanya liburan.

Untuk kamu yang sedang berlibur kesana jangan lupa untuk mencicipi makanana khas bali ini ya. Berikut daftar makanan khas bali yang super enak:

10 Makanan Khas Bali yang Super Enak

Makanan Bebek Betutu


Makanan bebek betutu adalah makanan favorit para raja di bali. Cara memasaknya juga sangat unik yaitu daging bebek yang sudah di bumbui harus di pijat-pijat agar daging bebek terasa empuk sehingga bumbu bisa meresap pada daging bebek. Cara memasaknya pun sangat unik dengan dibungkus daun pisang lalu di panggang dalam api sekam. Prosesnya pun membutuhkan waktu berjam jam.

Makanan Bubur Mengguh 


Bubur mengguh adalah makanan khas bali yang sering disajikan saat upacara adat bali. Bubur mengguh ini terbuat dari beras dan santan dengan perpaduan bumbu kuah ayam kental dan urap sayur dengan tambahan ayam suwir sehingga menjadikan citra rasa yang sangat enak sekali.

Makanan Srombotan


Srombotan adalah makanan khas bali yang berupa sayuran di antaranya kangkung, kacang panjang dan kubis. Untuk bumbu tambahannya adalah santan, kunyit, lengkuas, bawang merah, bawah putih, ketumbar dan kencur. bumbu ini di masak hingga kental sehingga bumbu inilah yang akan menjadi ciri khas srombotan.

Makanan Nasi Jinggo


Nasi jinggo adalah makanan khas bali yang berupa nasi putih dengan tambahan lauk pauk dan sambal. Nasinya seukuran kepalan tangan saja dan lauk pauknya terdiri dari goreng tempe, serundeng dan ayam suwir. Nasi jinggo ini disajaikan dalam bungkus daun pisang.

Makanan Lawar


Makanan lawar ini bukan hewan kelelawar ya. Tetapi makananan berupa campuran sayur-sayuran, daging yang dibumbui dan kelapa yang dipanggang. Untuk dagingnya sendiri adalah daging sapi, babi, ayam, itik dan penyu. Kemudian untuk sayurnya adalah buah nangka muda, pepaya muda, daun jarak serta kacang-kacangan. Lawar ini tergolong bermacam macam ada yang berwana merah dan putih.
Lawar merah merupakan lawar yang menggunakan campuran darah daging yang digunakan ada juga lawar yang dinamai sesuai jenis daging atau sayuran seperti lawar babi dan lawar nangka

Makanan Nasi Tepeng


Nasi tepeng adalah makanan khas bali rasanya pedas dan berempah. Terbuat dari perpaduan rempah-rempah.  Menu tambahannya sayur-sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor dan kelapa parut. Dan disajikan dengan bungkus daun pisang.

Makanan Sate Plecing


Sate plecing ini terbuat dari daging babi, daging ayam dan ikan laut. Sate plecing ini berbeda dengan sate-sate pada umumnya  yang biasa di sajikan dengan bumbu kacang. Plecing adalah sambal tomat terbuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat serta tetesan jeruk limau.

Makanan Sate Lilit


Sate lilit adalah makanan khas bali terbuat dari ikan yang dihaluskan dan diberi tepung. Perpaduan citra rasa yang khas antara pedas, wangi dan gurih serta aroma dari batang serai. Makanan ini juga banyak diminati selain sehat juga redah lemak.

Makanan Tum Ayam


Tum ayam adalah makanan khas bali ini hampir mirip dengan pepes. Dengan tambahan daging ayam yang dicincang terus di kasih bumbu-bumbu rempah dan santan dengan dibungkus daun pisang kemudian di kukus.

Makanan Babi Guling


Babi guling adalah masakan khas bali terbuat dari daging anak babi yang perutnya di kasih bumbu dan sayuran, untuk sayurannya adalah daun ketela pohon. Cara memasaknya diputar-putar sambil dipanggang dengan suhu panas sampai matang.

Demikian rekomendasi makanan tradisional khas bali yang super enak, bisa kamu coba saat berlibur ke sana.