Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Ayam Kampung Yang Mudah dan Baik Untuk Pemula


Ayam kampung merupakan jenis ayam yang ada di indonesia, yang biasa dibudidayakan dalam jumlah  yang tidak terlalu banyak, beda halnya dengan jenis ayam petelur yang dan pedaging. 

Ayam kampung berkembang biak secara normal seperti halnya unggas - unggas yang lain, mereka melakukan perkawainan dan menghasilkan telur untuk mendapatkan keturunan, berbeda dengan jenis ayam petelur dan pedaging untuk berkembang biak membutuhkan bantuan dari zat - zat tertentu.

Sebenarnya gizi dari ayam kampung dan ayam pedaging atau ayam petelur hampir sama, namun ayam kampung lebih tinggi kandungan gizinya, oleh karena itu daging dan telur ayam kampung lebih baik dan gizi yang dihasilkan lebih tinggi, dibanding dengan yang lainnya. Karena pakan yang diberikan kepada ayam kampung secara alami, tapi tergantung bagimana dari memelihara atau cara ternak ayam kampung tersebut.

Untuk mendapatkan ayam kampung yang berkualitas baik, sehat dan dapat menghasilkan telur dan daging yang bergizi. Simak  uraian mengenai cara ternak ayam kampung yang baik dan benar

Cara ternak ayam kampung berkualitas 


Ada beberapa tips untuk ternak ayam kampung yang bisa anda coba dirumah dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Berikut ini cara ternak ayam kampung:

1. Cara ternak ayam kampung sistem umbaran

Cara ternak ayam secara umbaran sangat mudah dilakukan, dengan mengumbar dan melepaskan ayam secara bebas, anda hanya perlu menyiapkan kandang minimalis untuk berteduh saat hujan dan terik matahari hingga untuk bertelur dan berkembang biak.

Cara ini lebih efektif dilakukan di daerah pedesaan karena lahan - lahan pekarangan setiap rumah masih cukup luas. Untuk keamanan anda bisa membuat pagar mengelilingi halaman agar ayam tidak pergi jauh.

Kelebihan cara ternak secara umbaran, anda dapat menghemat biaya pakan karena ayam bisa mendapatkan makanan dari alam bebas.

Sedangkan kekurangannya ternak ayam secara umbaran ayam bisa jadi beringas atau liar dan tidak mau masuk kandang

2. Cara ternak ayam kampung sistem semi intensif

Untuk cara ternak ayam ini sama halnya dengan cara ternak secara umbaran, namun wilayah cakupan ayam untuk pergi di persempit, hal ini bertujuan agar ayam tidak banyak bergerak dan dapat menghasilkan daging yang lebih baik.

Sistem semi intensif juga membutuhkan kandang untuk berlindung ayam juga bertelur. Saat sudah bertelur, telur ayam tersebut bisa dipisah dari induknya dan ditetaskan menggunakan bantuan alat dengan mesin tetas. Atau bisa juga dengan induk yang lain.

Selanjutnya cara berternak ayam secara semi intensif anda dapat membuat sebuah kandang berisikan beberapa ayam betina dan satu ayam jantan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses berkembang biak ayam.

Kelebihannya adalah proses berkembang biak ayam lebih cepat dan ayam tidak terlalu beringas atau liar. Namun kekurangannya anda perlu menyediakan banyak pakan karena ruang lingkup ayam bergerak tidak terlalu luas.

Hal yang harus diperhatikan dari cara ternak ayam kampung


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memelihara ayam kampung, mulai dari faktor kandang, kebersihan dan makanan. 
Hal ini diperlukan karena ayam kampung tidak memiliki kekebalan tubuh yang lebih dibanding dengan ayam petelur dan pedaging yang diberi suntikan obat agar lebih kebal dari serangan penyakit 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ternak ayam kampung:

Kandang
Kandang ayam harus selalu dibersihkan setiap saat agar tidak bersarang penyakit yang akan menipa ayam, dan juga tidak menghambat dalam proses berkembang biak. Kotoran ayam bisa anda gunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

Makanan
Meskipun ayam kampung bisa diberi makan sembarangan dan bisa mencari makan sendiri, alangkah baiknya anda memberikan makanan secara teratur dan memberikan makanan yang sehat sekali anda juga bisa memberikan vitamin guna kekebalan tubuh agar ayam tidak terserang penyakit.

Memilih induk
Memilih induk ayam kampung yang sehat agar bisa menghasilkan keturunan yang sehat pula. Induk ayam yang baik bisa anda lihat dari postur tubuh ayam dan seberapa sering berkembang biak.

Memelihara anak ayam
Agar anak ayam tidak terganggu dengan ayam - ayam dewasa, alangkah baiknya anda memisahkan anak ayam tersebut dengan membuat kandang yang khusus, hal ini bertujuan agar anak ayam bisa tumbuh dengan baik.

Menjual ayam
Ini adalah hal yang ditunggu-tunggu peternak dalam beternak ayam kampung, yakni menjual hasil ternaknya. Sebaliknya bukan hanya ayam saja yang bisa dijual, namun telur dari ayam kampung bisa dijual banyak orang yang membutuhkan telur ayam kampung buat campuran obat dan juga untuk di makan, karena meliliki khasiat dan kandungan gizi yang tinggi. Untuk menjual ayam kampung sebaiknya anda jual ayam yang jarang bertelur dan berkembang biak, jangan pernah menjual induk ayam kampung yang mempunyai kualitas bagus.

Itulah beberapa informasi mengenai cara ternak ayam kampung yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat