Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cobain yah! Obat Jerawat Alami, Ampuh Menghilangkan Jerawat


Memiliki wajah yang bersih tanpa jerawat adalah impian semua orang, faktor jerawat juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri, banyak orang yang mengeluh tentang jerawat, pengobatan dengan obat kimia sudah dilakukan, tetapi jerawat tak kunjung hilang.

Banyak sekali orang yang menggunakan antibiotik sebagai obat jerawat, namun disisi lain obat ini memiliki efek negatif berbahaya. Pengobatan jerawat lebih dari tiga  bulan akan menimbulkan resistensi artinya akan muncul jerawat super yang tidak akan mempan di obati dengan antibiotik lagi. Di kutif dari Detikhealth "Ini bisa memicu munculnya Propionibacterium acnes, salah satu jenis bakteri yang terkandung dalam jerawat. Bakteri ini kebal pada antibiotik sehingga pada kasus tertentu, jerawatnya akan sulit diobati," kata peneliti, Dr Alison Layton seperti dilaporkan BBC.

Beberapa faktor kondisi munculnya jerawat pada wajah harus diketahui penyebabnya yakni: 

Produksi sembun yang berlebihan 
dapat menumbuhkan jerawat, apa itu sembun? Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

Sumbatan pada folikel rambut
Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.

Bakteri
Jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.

Hormon
Aktivitas hormon androgen berlebih dapat menyebabkan jerawat.

Setelah mengetahui faktor kondisi diatas sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahui lebih lanjut.

Anda juga bisa mencoba pengobatan jerawat secara alami, dan tentunya menggunakan bahan - bahan alami yang mudah anda dapatkan. 

Berikut obat jerawat alami yang ampuh dan aman: 


Madu
Madu tak hanya berkhasiat bagi tubuh ketika dikonsumsi karena ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara efektif.

Bisa dibilang, madu adalah obat jerawat alami paling ampuh dan terbukti karena adanya kandungan antibakterial yang tinggi di dalamnya.

Cara menggunakannya, kamu cukup mengoleskan madu ke wajah sebagai masker lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Bawang Putih
Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya.

Bawang putih juga mengandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan antiseptik yang baik untuk mencegah peradangan pada kulit.

Untuk mengaplikasikan bawang putih ini pertama-tama potong satu siung bawang menjadi dua bagian, lalu gosokan langsung ke jerawat, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jeruk Lemon
Kandungan asam askorbat-L dalam lemon sangat berguna untuk mengatasi peradangan kulit seperti jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Selain itu, cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami ini juga terbukti manjur dan efektif, lho!

Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskannya ke seluruh bagian wajah.

Lidah Buaya
Kandungan utama dalam lidah buaya yang berguna untuk menghilangkan jerawat adalah senyawa aktif polifenol.

Cara penggunaan lidah buaya pun cukup mudah. Pertama, iris lidah buaya lalu ambil bagian dagingnya saja.

Kemudian oleskan ke seluruh wajah, lalu diamkan sekitar 30 menit, dan setelah itu bilaslah dengan air hangat.

Alpukat
Alpukat terkenal dengan kandungan vitamin E yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Nah, untuk menjadikan alpukat sebagai obat jerawat alami, kamu hanya perlu menghaluskan daging alpukatnya lalu jadikan masker untuk wajahmu.

Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah, tunggu hingga 20 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat.

Mentimun
Buah mentimun sudah lama dikenal sebagai bahan yang baik untuk merawat kulit tubuh karena memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang cukup banyak.

Tak hanya itu, mentimun juga memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh di dalamnya.

Cara terbaik untuk menggunakan mentimun sebagai obat jerawat adalah dengan menjadikannya sebagai master yang digunakan secara rutin.

Pepaya
Pepaya memilik kandungan enzim papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan jerawat, sekaligus mencerahkan wajah.

Kamu bisa membuat pepaya sebagai obat jerawat alami dengan cara menghaluskan daging buahnya kemudian jadikan sebagai masker.

Bila ingin hasilnya lebih baik, kamu pun bisa mencampurkan masker buah pepaya dengan satu sendok madu atau air lemon.

Obat jerawat alami di atas wajib anda coba yah, untuk bahan - bahannya juga gampang di cari, mudah - mudahan bisa mengatasi masalah jerawat pada wajah anda. 

Demikian uraian tentang obat jerawat alami, semoga bermanfaat.