Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Alami Menghilangkan Bau Kaki yang Menyengat

Cara Menghilangkan Bau Kaki 

Bau kaki merupakan hal yang terlihat sepele, namun efeknya bikin kita jadi gak nyaman dan tentu saja juga mengganggu orang lain di sekitar kita apalagi jika kita sering melakukan aktifitas yang mengharuskan kita membuka sepatu misalnya saat belajar kelompok atau makan dengan gaya lesehan.

Tentunya kejadian ini bisa bikin kita jadi kurang percaya diri dan minder. Bau kaki memang hal yang tentunya jadi perhatian bagi kamu, terutama dengan padatnya jadwal sekolah, kuliah atau kerjaan. Meskipun kamu memiliki sepatu bermerek seperti Vans, DC Shoes Indonesia, Nike atau Adidas, itu bukan jaminan agar kaki kamu tidak bau.

Bau kaki ini disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat sehingga menjadi lembab dan menyebabkan kaki mengeluarkan bau tidak sedap.

Berikut cara menghilangkan bau kaki secara alami dan mudah dilakukan: 


1. Pilihlah model sepatu yang memiliki rongga dan sedikit longgar karena udara dalam sepatu bisa berganti dan kaki tetap bisa kering dan segar. Tips ini bagus untuk kamu yang kakinya sering berkeringat. Hindari memilih sepatu yang sempit karena akan menyebabkan kaki cepat lembabnya.

2. Gunakanlah kaos kaki dengan bahan yang cepat menyerap keringat dan lembut. Bahan katun umunya akan lebih baik dalam meyerap keringat. Agar lebih bagus, gantilah kaos kaki setiap hari agar bau kaki tidak menyengat.

3. Taburkanlah bedak antiseptic pada saat kamu menggunakan kaos kaki dan sepatu, hal ini bertujuan untuk menetralisir bau keringat yang berlebihan di kaki kamu, Taburkan juga pada bagian sela-sela kaki yang biasanya lebih cepat berkeringat dan bisamenyebabkan kutu air.

4. Jika kamu merasa masih bau, setelah beraktifitas seharian kamu bisa menggunakan merendam kaki di baskom dengan campuran the dan lemon. Aktifitas ini bisa kamu lakukan sekali seminggu agar bau kaki cepat hilang.

5. Selain lemon, kamu bisa juga mencuci kaki dengan air garam yang mampu menghilangkan kuman penyebab kutu air serta menghilangkan bau tak sedap. Lakukan hal ini sesering mungki kamu bisa, terutama setelah beraktifitas seharian.

6. Bubuk kopi selain sebagai minuman, juga bisa untuk menghilangkan bau pada kaki yaitu dengan cara menaburi kaki dengan bubuk kopi selama 5-10 menit.

7. Kuku merupakan sumber bakteri yang bisa menyebabkan bau, jadi guntinglah kuku secara teratur agar kaki bersih dan baunya juga hilang.

Yang terpenting dari semuanya adalah selalu menjaga kebersihan kaki dan juga sepatu yang kamu gunakan harus rutin juga dicuci minimal sekail sebulan. Jika malas nyuci sepatu, baca juga disini tips menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Semoga bermanfaat buat kita semua.