Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Lag saat main Game


Sekarang ini main game sudah menjadi tradisi bagi setiap pengguna Smartphone, dengan permainan game di HP sangat menghibur saat menemani waktu luang. Bahkan bagi anak - anak main game sudah menjadi bagian favorit dalam keseharian. 

Bermain game di HP dalam jangka waktu yang lama dan tentunya dilakukan setiap hari akan membuat kinerja HP jadi menurun, apalagi  HP anda memiliki spesifikasi yang standart, nah tentunya HP anda akan mengalami eror atau Lag. 

Permasalahan HP eror atau Lag ini tidak hanya akibat sering main game, akan tetapi bisa juga karena HP yang sudah memiliki umur pakai atau HP lama, dikarenakan kinerja pada perangkat tersebut menurun, mengakibatkan perangkat tersebut jadi kurang stabil. Lalu bagaimana cara mengatasi HP yang eror atau Lag? Mari simak caranya dibawah ini: 

Cara mengatasi HP yang eror atau Lag saat bermain game


1. Hapus file yang tidak penting

File yang menumpuk tentunya akan memberatkan pada kinerja HP, untuk itu anda bisa menghapus file yang tidak penting itu, untuk mencari nya anda bisa masuk di folder download dan bluetooth karena folder tersebut menjadi alur aktivitas kirim dan terima file. Silahkan anda hapus file - file yang tidak penting. 

Hal lain yang bisa anda lakukan juga adalah menghapus pesan - pesan di media sosial seperti messenger, whatsapp, bbm, line dll.

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Hampir pengguna HP tidak menyadari sering download aplikasi begitu banyak, padahal aplikasi tersebut hanya beberapa saja yang digunakan, dengan menginstal banyak aplikasi di HP ini bisa membuat kinerja perangkat tersebut berat. Jadi apa salahnya anda hapus saja aplikasi yang tidak anda gunakan.

3. Membersihkan cache aplikasi

Aplikasi yang sudah di instal dan digunakan  akan menghasilkan cache sesuai dengan pemakaian, cache yang menumpuk juga menjadikan kinerja perangkat jadi berat. Untuk itu silahkan bersihkan cache - cache pada aplikasi yang anda gunakan. Menghapus cache tidak akan menghilangkan data anda. 

4. Aplikasi pembersih

Aplikasi pihak ke 3 bisa membantu untuk meringankan beban di perangkat anda, sehingga kinerja bisa kembali stabil. Aplikasi ini bisa anda dapatkan di playstore seperti Ccleaner, Clean Master, The Cleaner dll.

5. Koneksi Internet

Terkadang permasalahan Lag tidak hanya karena masalah perangkat, melainkan faktor koneksi internet yang buruk. Seperti halnya anda sedang bermain game koneksi internet buruk otomatis kinerja perangkat akan lemot. Jadi pastikan anda memiliki koneksi internet yang bagus dan kuat.

6. Update game anda

Setiap aplikasi yang anda gunakan harus di update secara berkala, alangkah baiknya anda mengecek apakah game yang anda jalankan sudah versi update atau belum. Jika belum silahkan anda update secara manual pada menu aplikasi tersebut.

7. Mematikan aplikasi latar belakang

Menggunakan banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan ini akan membuat perangkat HP anda lemot, alangkah baiknya anda menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

8. Hindari charging sambil bermain

Menggunakan perangkat sambil mengisi daya, ini akan menimbulkan hawa panas dan menyebabkan kinerja perangkat HP anda lemot. Dampak lebih parahnya perangkat HP tersebut bisa meledak dan tentunya ini akan berhaya untuk diri anda sendiri.
Gunakanlah perangkat HP anda sesuai aturan dari pembuat agar tidak membahayakan dikemudian hari.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi HP eror dan lag, semoga bermanfaat.