Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Khasiat Daun Sirih Untuk Obat Herbal Berbagai Penyakit


Daun sirih terkenal sekali oleh orang tua jaman dulu sebagai kunyahan, yang di campur gambir, buah pinang dan kapur, mereka mengunyah - nguyah campuran tersebut, dengan penuh kenikmatan. Katanya sih bisa memperkut gigi jadi tidak mudah berlubang dan copot hehe.

Daun sirih jenis tanaman yang merambat dia hidup bersandar pada pohon lain, daun sirih juga memiliki banyak kandungan seperti minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat anda bisa mengonsumsi daun sirih dengan cara dimakan ataupun meminum rebusan daun sirih tersebut, untuk mengetahui lebih banyak manfaat apa sajakah yang bisa digunakan sebagai obat herbal dari daun sini ini, simak berikut kegunaannya.

Berikut beberapa khasiat daun sirih untuk obat herbal berbagai penyakit


1. Mencegah kanker
Daun sirih mempunyai kandungan antioksidan eugenol yang mempunyai peranan penting di dalam tubuh kita, dengan merebus daun sirih merah maupun hijau dan meminumnya ini akan mengkal radikal bebas yang tak kita sadari ada pada tubuh kita. zat pada daun sirih ini akan mencegah radikal bebas yang memicu terjadinya penyakit kanker.

2. Menurunkan gula darah
Apabila anda mengonsumi rebusan air daun sirih secara rutin akan menurunkan gula darah, namun apabila anda sedang menjalani pengobatan diabetes oleh dokter, sebaiknya pemanfaatan daun sirih ini dikonsultasikan.

3. Menurunkan kolesterol
Daun sirih cukup terkenal untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi, karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kadar kolesterol tinggi atau lemak jahat akan menyebabkan kondisi seperti stroke, penyakit jantung, kardiovaskular dan lain sebagainya. 

Dengan mengonsumsi rebusan air daun sirih akan meningkatkan jumlah kolesterol menjadi lebih baik.

4. Menyembuhkan luka bakar
Manfaat daun sirih juga bisa untuk menyembuhkan luka bakar, zat antioksidan yang terdapat pada daun sirih akan bekerja secara optimal untuk luka bakar, daun sirih akan memberikan perlindungan terhadap kuman, sehingga akan menghambat faktor infeksi.

5. Kesehatan mulut dan gigi
Kenapa orang tua jaman dulu sering mengunyah - nguyah daun sirih dengan campuran buah pinang dan kapur. Atau anda bisa menggunakan air rebusannya untuk berkumur. ternyata manfaat dari mengunyah tersebut bisa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, mencegah gigi berlubang dan menghilangkan bau pada mulut. 

6. Saluran pernafasan
Daun sirih merah maupun hijau ternyata berfungsi untuk meningkatkan produksi lendir, sehingga melindungi saluran pernafasan. Lendir ini memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya luka di dinding usus maupun lambung. 

Selain itu daun sirih juga berperan penting untuk saluran pencernaan. dalam proses pengunyahan makanan daun sirih akan meningkatkan produksi liur, sehingga makanan yang dikunyah akan gampang dicerna.

7. Obat mimisan
Kandungan antioksidan tannin yang terdapat pada daun sirih bisa mengatasi dalam penyembuhan luka pada tubuh. 

Menurut penelitian daun sirih juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga imun pada tubuh akan semakin kuat dan proses penyembuhan luka atau peradangan akan lebih efektif.

8. Menurunkan depresi
Khasiat dalam daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi. Dengan meminum rebusan air daun sirih atau mengunyah akan memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia. 

9. Meningkatkan energi tubuh
Mengunyah daun sirih yang dicampur dengan pinang akan meningkatkan energi pada tubuh, biji pinang memiliki kandungan zat aktif yang cara kerjanya mirip dengan alkohol, nikotin dan kafein yaitu berperan merangsang hormon adrenalin. Peningkatan hormon inilah yang akan membuat Anda lebih fokus, waspada dan berenergi.

Daun sirih merah maupun hijau memiliki khasit yang sama - sama bagus untuk mengobati berbagai macam penyakit, sejak jaman dulu daun sirih seting digunakan sebagai obat herbal untuk kesehatan. 

Demikian informasi tentang manfaat atau khasiat dari daun sirih untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat.