Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Handphone Flagship Dan Handphone Gaming

perbedaan antara ponsel cerdas flagship dan gaming

Seperti yang telah kita pahami selama ini, smartphone terbagi menjadi beberapa klasifikasi penting, yaitu flagship, high-end, dan mid-range. Namun belakangan ini, dengan menjamurnya game-game Android yang telah melahirkan para gamer profesional, bahkan sampai melahirkan sebuah sport baru, e-sports, untuk mewadahi para gamer tersebut, para pembuat smartphone telah meluncurkan jenis ponsel baru yaitu smartphone gaming.

Buat Anda yang masih bingung membedakan smartphone flagship dengan smartphone gaming, penulis akan mencoba membandingkan smartphone black shark 2 pro yaitu HP Gaming dengan Samsung Galaxy Note 10 yang disertakan di ponsel flagship.

Sekarang mari kita coba bahas perbedaan kedua ponsel ini dari segi kategori tipe. Kedua smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm terbaik. Galaxy Note 10 menggunakan Snapdragon 855, meskipun beberapa negara menggunakan prosesor Exynos 985, sedangkan Black Shark 2 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 855+.

Yang membedakan kedua prosesor ini adalah kecepatan clocknya. Snapdragon 855 memiliki 1 chipset Kryo 485 2.8GHz, ditambah 3.485 chipset 2.4GHz dan 4 chipset Kryo 1.7GHz.

Sementara itu, Snapdragon 855+ berkonfigurasi chipset 1 Kryo 2,96 GHz, ditambah chipset 3 Kryo 2,42 GHz dan chipset 4 Kryo 1,78 GHz.

GPU Adreno 640 sama-sama digunakan oleh kedua smartphone ini, namun memiliki perbedaan kecepatan yang lumayan. Snapdragon 855 memiliki clock 585 MHz, sedangkan Snapdragon + memiliki clock 672 MHz. Jadi masuk akal jika dalam tes benchmark Black Shark 2 Pro tampil lebih baik daripada Galaxy Note 10.

Dengan peningkatan penampilan ini, black shark 2 pro harus membayarnya, yaitu ponsel akan lebih cepat panas. Namun, hal ini telah diantisipasi oleh pabrikan melalui penggunaan metode pendinginan yang disebut Direct Touch Liquid Cooling System 3.0.

Sistem pendingin ini diklaim mampu menyentuh semua perangkat yang menghasilkan panas berlebih, sehingga Black Shark 2 Pro bisa lebih dingin 14 derajat Celcius dibandingkan smartphone lain, termasuk smartphone flagship.

Perbedaan selanjutnya ada pada teknologi layar, baik Galaxy Note 10 maupun Black Shark 2 Pro menggunakan layar berbasis OLED. Galaxy not 10 menggunakan tipe layar konvensional, sedangkan black shark 2 pro menggabungkan teknologi touch detection 240 GHz, hal ini membuat black shark 2 pro memiliki input lag yang jauh lebih rendah, sehingga gamer dapat bermain lebih tenang, karena dalam pertarungan esports 1ms mereka hanya dapat memilih satu pemain untuk menang atau kalah.

Untuk tingkat presisi, layar black shark 2 pro mencapai 0.3mm dan memiliki kecepatan respon layar sebesar 34,7ms. Black Shark 2 pro ini juga mendukung kecepatan refresh 60Hz, jadi memainkan game Android populer yang tersedia saat ini akan sangat mudah.

Perbedaan selanjutnya, black shark 2 pro dilengkapi dengan software khusus untuk gamer bernama Shark Space. Dengan software space shark ini, gamer dapat memblokir panggilan masuk, memprioritaskan jaringan internet hingga mengoptimalkan smartphone untuk gameplay dengan satu klik.

Masalah kapasitas baterai, gamer sering bermain terlepas dari waktu dan tempat, jadi kapan saja, di mana saja mereka harus bisa memainkan game yang menyenangkan. Oleh karena itu, daya tahan baterai adalah hal terpenting bagi para gamer. Black Shar 2 pro menggunakan baterai 4.000 mAh dan Galaxy Note 10 menggunakan baterai 3.500 mAh.

Itulah perbedaan antara smartphone flagship dan gaming, semoga Anda paham setelah membaca ulasan di atas dan tidak lagi khawatir untuk membedakan peringkat dari 2 ponsel flagship dan ponsel gaming.