Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Dhuha Terlengkap Berikut Manfaatnya

Source: detiknews
Dalam agama islam selain melaksanakan sholat wajib dianjurkan juga untuk melaksanakan sholat sunah dhuha, Sholat sunah adalah ajaran yang diwahyukan Allah SWT kepada Rasulullah.

Beberapa sholat sunah lainnya yang diperintahkan oleh Allah SWT seperti sholat malam, sholat tahajud, sholat witir dan sholat dhuha. Dengan rajin melaksanakan sholat dhuha akan menyempurnakan sholat wajib anda

Kali ini akan membahas tentang sholat sunah dhuha, jumlah rakaat sholat dhuha, niat sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, berikut manfaatnya.

Sholat dhuha dikerjakan setelah sholat subuh, yaitu dipagi hari sesudah terbit pajar sampai datangnya waktu dhuhur. Waktu shalat dhuha yakni dimulai ketika matahari meninggi setinggi tombak bagi orang yang melihatnya (matahari). Dan itu sekitar 15 menit setelah ia terbit, sementara selesainya waktu sholat dhuha 10 menit sebelum waktu dzuhur.

Jumlah rakaat sholat dhuha


Sholat dhuha dikerjakan minimal 2 rakaat, bisa juga 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat dan maksimal paling banyak 12 rakaat.
Untuk tata cara mengerjakan sholat dhuha ini bisa anda lakukan 2 rakaat dengan satu kali salam, sampai batas maksimal paling banyak 12 rakaat.

Niat Sholat Dhuha


Sebelum mengerjakan atau melaksanakan sholat dhuha anda harus membaca niat seperti halnya sholat - sholat sunah lainnya, berikut bacaan niat sholat dhuha:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

"Ushollii Sunnatadh Dhuha Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Lillaahi Ta’aalaa.”

artinya: Aku niat sholat sunnah Dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala

Tata cara sholat dhuha


Tata cara melaksanakan sholat dhuha dan bacaan sholat dhuha sama dengan sholat - sholat fardhu atau sholat sunah 2 rakaat lain pada umumnya. berikut tata cara melaksanakan sholat dhuha 2 rakaat:

Rukun Rakaat Pertama

  • Membaca Niat Sholat Dhuha
  • Membaca Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surah Asy-Syamsi
  • Melakukan Ruku dengan tumakminah
  • Melakukan Itidal
  • Melakukan Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Melakukan Sujud kedua
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

Rukun Rakaat kedua

  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surah Ad Dhuha
  • Melakukan Ruku
  • Melakukan Itidal
  • Melakukan Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Melakukan Sujud kedua
  • Duduk Tahiyat akhir
  • Mengucapkan Salam

Untuk  bacaan surah setelah membaca surah al fatihah para ulama mengatakan untuk menganjurkan membaca surah Asy-Syamsi pada rakaat pertama dan surah Ad Dhuha pada rakaat kedua. Namun ada yang berpendapat membaca surah Ad Dhuha di rakaat pertama, dan membaca surah Al Ikhlas di rakaat kedua.

Walaupun begitu tidak ada aturan baku untuk membaca surah surah lainnya, karena menyesuaikan hafalan bagi yang mengerjakannya.

Doa setelah sholat dhuha


Setelah melaksanakan sholat dhuha dianjurkan untuk membaca doa yang telah diajarkan oleh rasulullah, doanya sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.”

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

artinya:
Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.

Beberapa manfaat sholat dhuha


Mempermudah datangnya rezeki

Banyak sekali manfaat yang dirasakan dari sholat dhuha salah satu manfaat yang dirasakan oleh orang muslim adalah mempermudah datangnya rezeki, Hal ini telah disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW, dari Nu'aim bin Hammar Al Ghathafani, Rasulullah Shallallahu a'laihi wa sallam bersabda:

"Allah Taala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang." (HR. Tirmidzi no. 475, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami no. 4342)

Diampuni dosanya

Seseorang yang rajin salat dhuha, maka ia akan diampuni dosanya oleh Allah SWT meski sebanyak buih di lautan. Hal tersebut telah tertulis dalam hadist riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Artinya: "Siapa yang membiasakan (menjaga) salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Wajah terlihat bercahaya

Manfaat rajin sholat dhuha bisa dirasakan, yaitu wajah terlihat lebih bercahaya. Hal ini dikarenakan seseorang yang rajin shalat Duha pasti juga melaksanakan shalat lima waktu.

Dengan melakukan wudhu atau mencuci muka minimal lima kali, Anda bisa membuat wajah tampak lebih cerah. Selain itu, seiring dengan pelaksanaan sholat dhuha, tentunya manfaat tersebut akan semakin Anda rasakan.

Mempermudah segala urusan

Sholat dhuha memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mempermudah. Seseorang yang rajin sholat dhuha akan merasakan segala urusannya dimudahkan oleh Allah SWT.

Manfaat ini akan kita rasakan saat kita berdoa kepada Duha dengan tekun dan ikhlas. Maka mulailah membiasakan diri sholat dhuha kepada Allah SWT agar lebih mudah.Sholat dhuha memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mempermudah. Seseorang yang rajin sholat dhuha akan merasakan segala urusannya dimudahkan oleh Allah SWT.

Dan masih banyak lagi maanfaat lainnya jika anda sering mengerjakan sholat dhuha, semua manfaat akan anda rasakan sendiri tergantung apa yang anda minta sama Allah SWT.

Demikian penjelasan tentang sholat sunah dhuha, jumlah rakaat sholat dhuha, niat sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, berikut manfaatnya, semoga artikel ini bermanfaat.