Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Diet Sehat Yang Baik dan Benar Secara Alami


Memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah dambaan setiap orang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan berat badan dan selalu menjaga kesehatan tubuh.

Mengikuti pola makan alami perlahan akan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Jadi tidak hanya menurunkan berat badan, Anda juga akan menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dalam melakukan diet secara tidak sehat, seperti menyiksa diri dengan rasa lapar dan mengonsumsi obat - obatan diet kimia. Padahal menerapkan diet yang salah dapat mengakibatkan efek samping seperti sakit.

Cara diet yang benar tidak hanya membuat Anda mencapai berat badan yang ideal, tetapi Anda juga memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Berikut uraian tips diet sehat yang baik dan benar.


Tips diet sehat yang baik dan benar


1. Jangan membuat tubuhmu kelaparan

Diet dengan menahan lapar secara berlebihan seringkali menjadi cara untuk membalas dendam dengan makan berlebihan. Faktanya, ini sudah sering terjadi dan seringkali berakhir dengan kegagalan. Meninggalkan perut sampai lapar hanya akan membuat Anda lebih sulit menahan nafsu makan saat ada makanan. Akibatnya, Anda akan melupakan diet sehat dan makan apa pun yang ada di depan Anda sebagai gantinya.
Solusinya, selalu bawa bekal yang sehat di tas Anda. Makanan kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, yogurt Yunani, atau pisang dapat segera memenuhi kebutuhan tubuh Anda tanpa meninggalkan kalori berlebih.

2. Kunyah dengan benar

Setiap kali Anda makan dengan tergesa-gesa dan tidak mengunyahnya dengan benar, itu berarti perut Anda tidak punya waktu untuk mengirimkan sinyal penuh ke otak Anda. Karenanya, mengunyah dengan benar dapat membantu Anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Cara termudah, Anda bisa mengatur durasi makan. Misalnya beri waktu 15 menit untuk menyelesaikan makan lalu berhenti sebentar. Dengan metode ini, Anda dapat memberikan jeda waktu yang cukup dalam proses pengiriman sinyal lengkap ke otak.

3. Perhatikan asupan nutrisinya

Tubuh membutuhkan setidaknya 5 porsi buah dan sayur sehari untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.
Pilih buah-buahan yang cocok untuk diet Anda dan makanlah secara teratur. Bagi saja porsinya menjadi beberapa kali. Misalnya saat sarapan atau makan siang. Anda juga bisa menyiapkan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.

4. Konsumsi air putih

Air putih adalah hal yang paling penting bagi tubuh. Padahal, kebutuhan setiap orang akan air berbeda-beda. Namun, minum lebih banyak air dapat berkontribusi pada diet penurunan berat badan alami.
Usahakan minum air putih minimal 2 liter sehari, biasakan membawa botol. Dengan begitu, Anda nantinya akan merasa kenyang lebih lama jika kebutuhan air tubuh Anda terpenuhi.

5. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi asupan garam adalah salah satu bentuk diet sehat yang dikenal efektif. Pasalnya, kelebihan natrium bisa membuat tubuh sulit memetabolisme lemak.
Usahakan membiasakan makan sayur, ayam, atau telur tanpa tambahan garam. Untuk rasa yang enak pada masakan, Anda bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium.
Dengan mengurangi asupan garam, tekanan darah juga terkontrol.

6. Konsumsi buah apel

Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dan kaya akan protein dan serat, sehingga dapat membantu tubuh menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga dapat mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat Anda tetap berenergi. Makan apel setidaknya dua kali sehari untuk diet sehat.

7. Rajin berolahraga

Untuk mencapai berat badan yang ideal, Anda disarankan untuk menyeimbangkan kalori yang Anda makan dengan kalori yang Anda bakar. Olahraga yang bisa dilakukan, misalnya lari 150 menit per minggu, beralih menggunakan tangga daripada lift, atau rajin jalan kaki karena jalan kaki memiliki banyak manfaat. Olahraga tidak hanya dapat membantu pola makan yang sehat, tetapi juga baik untuk kebugaran dan kesehatan, terutama untuk jantung.

8. Tidur cukup

Agar tubuh Anda mendapat regenerasi yang maksimal, perbaiki gaya hidup dengan tidur yang cukup, misalnya 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme Anda akan pulih dan siap menerima berat badan ideal.

Itulah beberapa tips diet sehat yang baik dan benar, bisa anda terapkan untuk anda yang ingin melakukan diet secara sehat. semoga bermanfaat.