Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Untuk Merangsang Kemampuan Bicara Bayi di Masa Pralinguistik


Bagi orang tua, terutama mereka yang baru saja memiliki bayi, mereka harus mengenalnya lebih dekat.
Salah satunya ketika bayi mulai berbicara atau mengeluarkan suara. Misalnya, mengekspresikan "aaaaa" atau apa pun yang ada, ternyata ada beberapa tahapan.

Kemampuan berbicara adalah bagian dari aspek perkembangan bahasa anak-anak. Keterampilan ini sangat penting, ketika berbicara dengan seorang anak akan ada komunikasi antara satu anak dan anak lainnya.

Namun, secara umum, perkembangan bahasa anak terdiri dari dua periode, yakni periode pralinguistik dan periode linguistik.

Ciri - ciri bayi pada periode pralinguistik


1. Tertawa
Ini terjadi pada bayi berusia 2 hingga 5 bulan. Ini adalah vokalisasi yang dilakukan bayi ketika mereka bahagia atau puas dan dapat terdiri dari suara vokal atau konsonan. Misalnya, bunyinya "aaaa" atau "mmmm".

2. Suara vegetatif
Suara ini terjadi pada usia 0 hingga 2 bulan dan termasuk suara alami yang dibikin oleh bayi. Cara menangis sebagai bentuk komunikasi.

3. Mulai mengobrol
Kemampuan ini terlihat ketika anak-anak mulai mengobrol. Pada tahap ini, suara yang dipancarkan tidak hanya dalam bentuk vokal tetapi juga dalam bentuk suara konsonan. Namun terkadang anak-anak juga menggabungkannya. Bagaimana menyebutkan baaaa, maaaa dan lainnya.

Berikut tips cara merangsang kemampuan bayi di periode pralinguistik


a. Membuat kontak mata
Ketika berbicara dengan bayi, bayi itu akan menyukai wajah ibunya dan akan merespons ketika dia berbicara kepadanya.

b. Berbicara tentang apa yang dia lakukan.
Ini bisa dilakukan dengan memberi makan, mengganti, atau memandikan mereka. Orang tua juga bisa bernyanyi untuk bayi.

c. Ulangi suara yang dihasilkan bayi
Ini mengajarkan bayi pelajaran dalam mendengarkan dan bergiliran berbicara. Cobalah berbicara dengan lagu atau bernyanyi untuk membantu menjaga perhatian bayi.

d. Arahkan pandangan bayi yang Anda lihat
Cobalah untuk menyebutkan atau mengarahkan mata bayi Anda ke hal-hal yang dapat Anda lihat. Misalnya "lihat kucing". Ini akan membantu bayi belajar kosa kata dan seiring waktu mereka akan mulai menyebutkan kata-kata.

Demikian Uraian Tips Untuk Merangsang Kemampuan Bicara Bayi di Masa Pralinguistik, semoga bermanfaat.