Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Cemas Karena Asam Lambung

Saat ini penyakit asam lambung sedang marak diderita, baik anak muda maupun orang tua. Penderita yang mengalami penyakit tersebut akan dihantui dengan berbagai kecemasan dan rasa lelah yang melanda. Pernahkan anda mengalami penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung memang erat kaitannya dengan kecemasan dan dapat memicu gangguan pencernaan.

Begitu juga dengan penyakit maag kronis dapat membuat kecemasan yang berlebihan. Beberapa gejala dari maag yang sering dirasakan adalah perut terasa mules, sulit menelan, mual muntah, dan rasa terbakar dibagian kerongkongan. Kenaikan asam lambung yang sering akan menimbulkan kecemasan. Asam lambung akan diproduksi 3 kali lebih banyak dari biasanya. Hal inilah penderita akan merasakan kecemasan berlebihan.

Untuk mengatasi rasa cemas ada beberapa hal yang harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu, anda dapat mengonsumsi obat penurun cemas dari dokter spesialis jiwa dan bisa dilakukan psikoterapi. Namun ada tips sederhana yang biasa anda praktekan saat rasa cemas datang. 

Tips mengatasi rasa cemas karena asam lambung 

1. Mintalah perlindungan pada Allah SWT dengan berzikir maka hati akan menjadi tenang. Perbanyak shalat dan doa.

2. Saat rasa cemas melanda atur nafas anda, tarik nafas dalam-dalam dengan hitungan 5 detik, lalu hembuskan perlahan-lahan. Ulangi cara ini sampai anda benar-benar terasa nyaman.

3. Saat rasa cemas melanda duduk dengan posisi rileks dan tegak hal ini agar asam lambung tidak naik keatas yang akan menimbulkan sesak didada. 

4. Rajin berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga tubuh anda akan bugar dan sehat.

5. Atur pola tidur yang baik jangan senang melek, hal ini hanya akan meningkatkan produksi asam lambung lebih banyak.

6. Berfikirlah positif karena hal yang anda pikirkan buruk hanya akan mendatangkan kecemasan. Ubah pikiran negatif anda menjadi positif. Ingat bahwa hal buruk yang anda cemaskan tidak selalu benar.