Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maanfaat Daun Sirih Merah Untuk Obat Tradisional

Daun sirih merah adalah jenis tumbuhan obat herbal tradisional, dalam bahasa latin memiliki nama piper ornatum atau piper crocatum. Tumbuhan ini sering ditemukan dipekarangan rumah warga, tak heran sebagian orang banyak menanamnya untuk tanaman obat yang bisa digunakan kapanpun. 

Ada beberapa spesies tanaman daun sirih diantaranya daun sirih hijau, daun sirih merah dan daun sirih hitam. Namun, kali ini kita akan membahas tentang khasiat dari daun sirih merah untuk obat tradisional.

Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dalam daun sirih merah mengandung flavonoid, senyawa polevenolad, dan minyak atsiri. Meski aroma daunnya tidak terlalu kuat dibandingkan dengan daun sirih hijau.

Namun, daun sirih merah memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat tinggi, dan juga memiliki kandungan senyawa karvakrol yang berperan sebagai disinfektan dan antijamur. Ciri-ciri daun sirih merah adalah daunnya berwarna merah hati dan dihiasi dengan garis-garis putih dibagian permukaan atas helai daunnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun sirih merah yang bisa digunakan sebagai obat tradisional.

Maanfaat Daun Sirih Merah 



1. Penyembuhan luka

Daun sirih merah mengandung polifenol yang memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan enzim dalam pengambilan radikal bebas dalam tubuh seperti superoksida dismutase dan katalase. Jika anda mengalami luka bakar ringan bisa mengobatinya dengan tanaman daun sirih merah. Cara penggunaanya, ambil beberapa helai daun sirih merah lalu tumbuk sampai hancur dan tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

2. Keputihan pada organ intim 

Wanita yang mengalami keputihan pada organ intim bisa menggunakan daun sirih merah sebagai obat herbal untuk mengatasinya. Daun sirih mengandung karvakrol, senyawa ini bersifat disinfektan dan antijamur sehingga bisa dijadikan obat untuk keputihan. Cara penggunaannya adalah dengan meminum rebusan air daun sirih merah dan membasuhnya pada bagian organ intim yang terkena keputihan.

3. Menghilangkan bau mulut dan badan

Daun sirih merah mengandung eugenol dan capitol yang mampu mengatasi bau pada mulut dan membasmi bakteri-bakteri jahat pemicu bau mulut. Daun sirih merah juga mengandung estradiol dan klavikula yang bisa mengatasi masalah bau pada badan. Cara penggunaanya adalah ambil beberapa helai daun sirih merah lalu rebus dengan air panas, gunakan air rebusan daun sirih merah untuk berkumur dan mengkonsumi sebagai minuman untuk mengatasi bau badan.

4. Obat sakit perut

Kandungan tanin dalam daun sirih merah bisa mengatasi sakit perut, eugenol berperan untuk mengurangi rasa nyeri pada perut. Cara penggunaanya adalah ambil 7 lembar daun sirih merah lalu rebus menggunakan air panas. Minumlah air rebusan daun sirih untuk mengobati sakit pada perut.

5. Obat batuk

Daun sirih merah bisa digunakan sebagai obat batuk tradisional, anda bisa memanfaatkan tanaman daun sirih merah dengan cara merebus lalu konsumsi sebagai minuman pagi dan sore secara teratur.

6. Obat gusi berdarah

Daun sirih merah mengandung saponin, tanin, kalsium dan fosfor yang bisa anda gunakan untuk masalah gusi berdarah. Ambil beberapa helai daun sirih merah dan rebus dengan menggunakan air panas, diamkan air rebusan hingga dingin dan gunakan untuk berkumur secara rutin.

7. Obat diabetes

Pernahkah anda mengalami masalah lemas, pegal, kesemutan diujung jari tangan dan kaki, serta kencing yang berlebihan. Ini merupakan salah satu tanda diabetes yang perlu diwaspadai.
Daun sirih merah bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bisa anda gunakan. Ambil 3 helai daun sirih merah atau bisa 7 helai dan rebus dengan menggunakan air panas. Ambil setengah gelas lalu konsumsi air rebusan daun sirih merah tadi sebagai minuman 3 kali sehari.

Demikian beberapa manfaat daun sirih merah yang bisa anda gunakan sebagai obat tradisional dari daftar masalah penyakit yang disebutkan diatas sesuai kendala. Semoga bermanfaat.