Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda hamil atau gejala haid? Begini cara membedakannya

Banyak perempuan yang bertanya apakah tanda-tanda ini positif hamil atau gejala mau haid. Pada umumnya tanda hamil dan gejala mau haid ini mirip satu sama lain baik hamil maupun haid akan merasakan sakit pada payudara dan kram perut. Pasti ini akan membuat kamu jadi harap - harap cemas mengingat jadwal haid selanjutnya sudah dekat. Lalu bagaimana cara membedakan positif hamil atau mau haid?

Kenapa Tanda Hamil dan Haid Bisa Mirip

Faktor keduanya memanglah mirip baik tanda hamil maupun haid ini dimulai dari proses yang sama bisa disebut dengan "Evulasi" yaitu masa dimana indung telur melepaskan sel-sel telur matang yang siap untuk dibuahi sperma.
Evulasi juga bisa disebut dengan masa subur yang dialami perempuan sehat setiap bulannya. Dan masa evulasi ini akan terjadi dalam kurun waktu 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi. Proses evulasi ini terjadinya produksi dan pelepasan sel-sel telur.

Untuk sel telur sendiri bisa bertahan selama 24 jam setelah dilepaskan. Jadi ada peluang baik bagi kamu jika berhubungan intim dalam 12 - 24 jam setelah masa evulasi terjadi besar peluang untuk terjadi kehamilan. Alasannya? Dalam rentang waktu inilah sel telur bisa bertemu dengan sperma untuk terjadi pembuahan.

Tanda hamil atau gejala haid

Berikut Cara Membedakan Tanda Hamil atau Haid

Pada dasarnya membedakan tanda hamil atau haid tidak terlalu susah, namun tidak semua tahu seperti apa tanda hamil atau haid dengan benar. Untuk penjelasannya silahkan simak tanda hamil atau haid berikut ini:

Nyeri pada payudara berbeda
Pada umumnya rasa nyeri dan bengkak pada payudara sama saja baik tanda hamil maupun haid, disamping itu kamu juga menyadari payudara kamu terasa berat dan keras saat disentuh. Apakah ini tanda hamil atau haid dari rasa nyeri yang dirasakan pada payudara itu?

Jika payudara kamu terasa nyeri berlangsung 1 - 2 minggu setelah mengalami proses pembuahan, ini menandakan tanda kehamilan. Rasa sakitnya akan terasa sepanjang masa kehamilan.

Sebaliknya, payudara terasa nyeri berlangsung sebentar atau kira - kira selama 1 - 2 hari saja sebelum kamu haid, dan berhenti di hari pertama kamu menstruasi, ni menadakan tanda nya kamu haid.

Perut kram terasa berbeda
Hampir setiap perempuan mengalami tanda hamil dan haid merasakan kram perut. Namun tanda kram saat hamil dan haid itu terasa sama untuk membedakannya antara tanda kehamilan atau haid bisa kamu perhatikan letak dan intensitas rasa nyerinya.

Kram perut yang memicu tanda kehamilan biasanya cenderung terasa nyeri di satu pusat sisi saja seperti terasa kulit di cubit. Sebagai contoh telur yang dibuahi menempel dibagian sisi kanan rahim maka rasa sakit akan terasa dibagian itu saja bukan di sebelah sisi kiri

Sebaliknya, kram perut tanda haid akan mengakibatkan otot rahim tegang atau mengejang biasanya rasa sakit ini terasa dibagian bawah, rasanya perut kamu seperti diperas kencang-kecang sekali dan nyerinya terasa sampai ke punggung. Jika kram berlangsung 1-2 hari saja berati ini tanda haid bukan kehamilan.

Adanya flek darah yang muncul
Kram perut tanda hamil juga akan menimbulkan efek bercak darah pada awal kehamilan ini bisa disebut pendarahan implantasi. Namun tanda ini sering disalah kira sebagai flek atau bercak haid dihari pertama.

Flek tanda kehamilan biasanya muncul cuma sedikit 1-2 tetes saja, tidak begitu banyak seperti sedang haid. Untuk warna darah yang muncul juga bukan merah darah seperti saat haid tetapi cederung warna merah muda terang atau kekuningan.
Pendarahan tanda kehamilan ini bisa terjadi kapan saja antara 10-14 hari setelah pembuahan dan berlangsung 1-2 hari saja. Pendarahan tanda kehamilan ini tidak akan terjadi terus-terusan lebih dari 5-7 hari. Berbeda pada haid yang akan berhenti di hari ke 3 atau 4.
Jika pendarahan terjadi terus menerus tidak sesuai rentang waktu tersebut ada kemungkinan kesehatan kamu tidak normal, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Sedangkan tanda haid ini tidak akan membuat flek atau bercak. Bisa dikatakan menstruasi dengan alirah darah yang terasa lebih deras dan warna darah haid juga cenderung merah tua atau coklat gelap.  tanda darah haid juga ditandai penggumpalan darah atau gumpalan darah.

Telat datang bulan
Tidak dipungkiri tanda telat haid menjadi faktor tanda kehamilan. Telat haid juga bisa disebabkan oleh tanda-tanda diluar kehamilan. Lalu bagaimana cara membedakan telat haid tanda hamil atau tanda menstruasi? Barikut penjelasannya:

Telat datang bulan minimal 1 sampai 2 minggu dari tanggal yang seharusnya bisa jadi ini tanda positif hamil bukan haid dan menstruasi. Apalagi selama ini jadwal haid anda teratur tidak pernah terlambat.

Kamu dikatakan telat haid biasa apabila setelah 5 hari atau lebih tidak menstruasi sejak tanggal seharusnya. Beberapa faktor telat haid ini bisa di timbulkan dari stres berkepanjangan, penyakit, efek obat, penurunan berat badan yang drastis, dan perubahan pola makan.
Tanda telat menstruasi tidak selalu memicu pada kehamilan, apalagi jadwal mens kamu sedari dulu tidak pernah teratur.

Demikian cara membedakan tanda- tanda hamil atau haid yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.