Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mandi yang Baik Ala Rasulullah

Mandi merupakan salah satu kebutuhan semua orang untuk membersihkan kulit tubuh dari berbagai kotoran. Mandi juga menjadi rutinitas wajib yang biasanya dilakukan setiap hari bukan. Baik pada di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas. Namun, kebutuhan untuk mandi setiap orang berbeda-beda. Lantas, adakah waktu mandi yang baik?


Tata cara mandi yang baik yang wajib anda lakukan sebelum mandi

- Siram di telapak kaki.
- Siram di betis
- Siram di paha
- Siram di perut
- Siram di bahu
- Berhentilah sejenak 5-10 detik

Kita akan merasakan seperti uap atau angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang, kemudian setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa

Kebanyakan orang tidak mengetahui cara mandi yang benar mereka langsung membasuh seluruh tubuhnya dengan air, Ini adalah hal yang salah. Kenapa?
diibaratkan gelas yang diisi air panas kemudian kita isi dengan air sejuk. Apa yang terjadi? Gelas akan retak Jika pada tubuh kita maka apa yang terjadi ?

Suhu tubuh kita cenderung panas dan air itu sejuk, maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiram pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi terperangkap atau bisa jadi penyebab kematian dikarenakan pecahnya pembuluh darah.

Kita sering menjumpai orang jatuh di Kamar mandi tiba-tiba kena stroke. Bisa jadi kita sering masuk angin dikarenakan cara mandi kita yang salah. Bisa jadi kita sering migrain dikarenakan cara mandi yang salah.

Berikut waktu mandi yang baik untuk kesehatan:

Waktu Mandi Yang Diperbolehkan dan Baik Untuk Kesehatan

1. Manfaat Mandi subuh

Dari berbagai penelitiaan para ahli kesehatan melakukan mandi pada waktu sebelum subuh sudah di buktikan banyak sekali berbagai manfaat yang didapatkan, diantaranya :

  • Pada waktu fajar (shubuh) kandungan gas O3 sangat melimpah yang memberikan manfaat positif pada urat syaraf, mampu mengaktifkan kerja otak dan menjaga kesehatan tulang. dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan.
  • Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak aliran darah di dalam tubuh menjadi sangat baik, termasuk aliran ke kulit. Sehingga bermanfaat membuat kulit tampak lebih segar
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menurunkan resiko darah tinggi
  • Meningkatkan kesuburan
  • Meningkatkan sel darah putih
  • Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
  • Meredakan depresi
  • Meningkatkan suasana hati untuk aktivitas sehari-hari
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Catatan : Untuk anda yang memiliki penyakit berat, maka yang disarankan adalah mandi dengan suhu air hangat.
Karena kondisi tubuh yang sedang tidak sehat , terutama demam, maka hindari mandi dalam kondisi udara dingin, karena dapat membuat penyakit diderita bertambah parah.

2. Manfaat Mandi setelah waktu shalat Ashar kira jam 16.00- 16:30 sore sampai sebelum maghrib)

Pada waktu ini menjadi saat mandi yang baik, bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Utamanya mandi sore ini, sangat dianjurkan bagi bayi dan anak-anak. Beberapa manfaat dari mandi sore hari yaitu:

  • Mencegah kotoran dan kuman menempel lebih lama di badan
  • Mencegah stress dan depresi
  • Menghilangkan bau badan tidak sedap yang disebabkan oleh keringat setelah seharian beraktivitas

Penting : Jangan mengguyur badan dengan air setelah baru saja langsung terkena paparan sinar matahari, karena sangat berbahaya, membuat panas tubuh terperangkap.

Waktu yang tepat, tunggu dahulu sekitar 10 menit sampai panas tubuh kembali stabil setelah setelah itu baru lakukan mandi sore hari.

Waktu Berbahaya untuk Mandi dan tidak baik untuk kesehatan

1. Hindari waktu mandi setelah shalat maghrib Hal itu karena pada sekitar jam 6 sore sampai jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah aktivitas yang dilakukan seharian. sangat berbahaya yaitu tubuh rentan terkena penyakit paru-paru basah.

2. Hindari waktu mandi sesudah isya Sampai jam 12 malam pada jam-jam ini, dimana pada waktu ini seharusnya tubuh sudah mulai untuk dikurangkan aktivitasnya dan memulai untuk beristirahat.

kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang tubuh karena mandi di jam-jam ini, seperti penyakit rematik.

Demikian tips mandi yang baik untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.