Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara menonaktifkan iklan di Android? Cek disini

Siapa yang sering menjumpai iklan saat browsing di smartphone? Bagi Anda yang merupakan pengguna internet tentunya sudah sering menjumpai hal ini bukan? Tentunya kejadian ini akan sangat mengganggu karena akan mengganggu aktivitas browsing Anda melalui smartphone Android. Lantas bagaimana cara menetralisir iklan di Android?

Memang benar salah satu tanda smartphone Anda sedang diserang malware adalah adanya iklan yang biasanya muncul secara tiba-tiba. Malware itu sendiri adalah program yang dirancang khusus untuk meniru, mencuri, menghancurkan, menyembunyikan, dan mengubah data. Baiklah semoga tidak semakin parah, berikut ini beberapa cara mudah menetralisir iklan di smartphone.

Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Mudah

Cara Menghilangkan Iklan di Browser Chrome

Chrome adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan orang untuk melakukan aktivitas di Internet. Nah, bagi Anda yang sering menggunakan browser ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menetralisir iklan yang terkadang muncul. Langkah pertama yang harus dijalankan adalah membuka aplikasi Google Chrome dan tiga titik vertikal.

Kemudian akan muncul berbagai pilihan, selanjutnya kamu bisa scroll ke bawah hingga mendapatkan opsi 'Site Setting' dan klik opsi 'Popup and Redirect'. Kemudian klik tuas yang muncul hingga berubah menjadi abu-abu.

Selanjutnya, Anda juga dapat memblokir situs tertentu dengan mengklik opsi 'Iklan' di bawah opsi 'Pop-up dan pengalihan'. Setelah itu klik tombol tersebut hingga muncul warna abu-abu, maka iklan yang sering muncul akan otomatis terblokir.

Cara Menghilangkan Iklan dengan Aplikasi

Selain menggunakan Google Chrome, ada cara lain yang juga terbukti ampuh untuk menghilangkan iklan di smartphone Android, yaitu dengan menggunakan aplikasi. Cara penetralisir iklan di Android ini terbukti disukai pengguna karena lebih mudah. Namun, untuk metode kedua ini, Anda perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.

Pertama, pastikan untuk mengunduh aplikasi 'Adguard Content Blocker' dari Google Play store. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat diunduh secara gratis namun dalam mode terbatas. Jika Anda ingin menetralkannya dengan benar, disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar. Keuntungan lain yang dimiliki aplikasi 'Adguard' adalah dapat bekerja dalam mode VPN.

Cara Menghilangkan Iklan dan Malware

Selain dua cara di atas, ada satu cara lagi untuk menetralisir iklan Android yang disebabkan oleh aplikasi jahat dan malware. Memang benar, selain mampu menetralisir iklan yang muncul, aplikasi ini juga sangat mampu membuat perangkat smartphone Anda lebih aman. Bagaimana?

Hal pertama yang harus dijalankan adalah menghapus aplikasi yang dianggap bermasalah. Selanjutnya, tekan tombol daya dan tahan opsi 'Matikan', yang dimaksudkan untuk me-restart smartphone dalam mode aman. Setelah itu, Anda dapat menghapus aplikasi yang diunduh satu per satu. Harap diperhatikan bahwa setelah menghapus aplikasi, silakan reboot, semoga smartphone lebih aman dan terlindungi.

Setelah melindungi smartphone Anda, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fungsi Play Protect dengan membuka aplikasi di Google Play store. Selanjutnya pilih makanan yang ada di kiri atas, lalu scroll dan pilih opsi 'Play Protect'. Jika demikian, klik tombol sakelar "Pindai perangkat untuk ancaman keamanan" hingga kinerja berwarna hijau untuk mengaktifkan Play Protect.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan iklan di android dengan mudah dan cepat. Bagi Anda yang mengalami masalah di atas, harap segera menyingkirkan  malware agar tidak semakin memburuk. Semoga bermanfaat!