Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh Lengkap dan Artinya


Doa qunut adalah bacaan doa yang dibaca saat shalat subuh, meski demikian meninggalkan doa qunut tidak membatalkan shalat, namun dianjurkan melakukan sujud sahwi.

Seperti yang di katakan oleh Beberapa pendapat para ulama tentang anjuran membaca doa qunut saat shalat subuh, diantaranya oleh Mazhab Syafi’i dan Maliki membaca doa qunut saat shalat subuh adalah hal yang dianjurkan, sedangkan oleh mahzab Hanbali dan hanafi membaca doa qunut adalah hal yang tidak dianjurkan.

Setelah mengetahui pendapat dari beberapa ulama diatas, Lantas. apakah kita dituntut untuk melaksanakan doa qunut tersebut. Sebagaimana umat islam  mayoritas NU merupakan penganut mahzab shafi'i yang menganggap membaca doa qunut adalah anjuran (wajib) sehingga shalat subuh tidak sah ketika tidak membaca doa qunut.

Namun, apakah membaca doa qunut dalam mahzab shafi'i merupakan anjuran yang wajib, sehingga shalat subuh tidak sah ketika tidak membaca doa qunut? berikut penjelasannya yang perpusama kutif dari situs islam.nu.or.id

"Dalam Mazhab Syafi’i, doa Qunut tergolong sebagai sunnah ab’ad. Yakni suatu kesunnahan yang ketika tidak dilakukan maka tidak sampai membatalkan shalat, tapi dianjurkan menggantinya dengan sujud sahwi. Bahkan, meskipun qunut tidak dilakukan secara sengaja pun tetap tidak sampai membatalkan shalat, dan tetap disunnahkan untuk menggantinya dengan sujud sahwi".

Apa itu sujud sahwi? sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan untuk memperbaiki kekurangan, meskipun kekurangan tersebut dilakukan secara sengaja. Seperti meninggalkan tasyahud awal atau qunut dengan sengaja.

Setelah kita memahami penjelasan tentang bacaan doa qunut saat sholat subuh diatas, setidaknya kita sudah paham yah. Berikut ini adalah Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh Lengkap dan Artinya

Bacaan doa qunut arab dan latin beserta artinya:


اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 


Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Perlu diperhatikan bahwa doa qunut yang disebutkan di atas dibaca pada saat shalat sendiri. Jika anda melaksanakan shalat berjamaah, imam dianjurkan mengubah lafal “ihdinî (berilah aku petunjuk)” menjadi “ihdinâ (berilah kami petunjuk)”. Karena menutut pendangan Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in dimakruhkan berdoa untuk diri sendiri pada saat doa bersama.

Itulah penjelasan tentang Doa Qunut Shalat Subuh Lengkap dan Artinya. Semoga bermanfaat.