Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Yang Harus Anda Ketahui


Lovebird adalah jenis burung yang banyak sekali peminatnya, sehingga spesies ini sudah tak asing lagi dikalangan kicau mania.

Lovebird juga dikenal sebagai burung yang setia terhadap pasangannya, layaknya manusia sepasang burung itu selalu berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain.maka tak heran sering disebut burung cinta.

Dalam spesiesnya lovebird memiliki corak warna yang berbeda-beda mulai dari Lovebird klep, non-klep, paruh putih, paruh merah, dan paruh oranye. Selain itu lovebird dikenal memiliki suara yang ngekek panjang. Tentu banyak memikat bagi para pencinta burung.

Maka sudah tak heran dari kalangan kicau mania mendatangi penjual lovebird untuk memelihara burung tersebut. Namun, untuk membedakan lovebird jantan dan betina kadang membuat anda merasa kebingungan. Postingan kali ini perpusama rangkum beberapa tips untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan ataupun betina.

Cara membedakan lovebird jantan dan betina


Perbedaan yang pertama yang dapat dilihat dari bentuk paruh yakni lovebird jantan memiliki paruh yang runcing dan cenderung kecil, sementara lovebird betina memiliki paruh yang tumpul dan melebar.

Perbedaan yang kedua yang dapat dilihat dari bentuk tubuh yakni lovebird jantan memiliki postur tubuh yang kecil sedangkan lovebird betina memiliki postur tubuh yang besar, ada juga perbedaan lainnya loverbird jantan memiliki bentuk kepala yang cepak dan betina memiliki bentuk kepala yang melengkung.

Perbedaan yang ketiga yang dapat dilihat dari lubang hidung yakni lovebird jantan memiliki bentuk lubang hidung yang lonjong, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk lubang hidung yang lebar. Untuk melihat dan mengeceknya anda bisa meniup pada bagian hidung lovebird tersebut.

Perbedaan yang keempat yang dapat dilihat dari bentuk sayap yakni lovebird jantan memiliki bentuk pada ujung sayapnya menyilang, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk sejajar.

Perbedaan yang kelima yang dapat dilihat dari bentuk ekor yakni lovebird jantang memiliki bantuk ekor yang runcing, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk yang rata dan lebar.

Perbedaan yang keenam yang dapat dilihat dari lingkar klep kacamata yakni lovebird jantan memiliki lingkar klep kacamata yang berbentuk oval atau lonjong, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk yang bulat. lingkar klep kacamata yang dimaksud adalah bagian putih disekitar mata lovebird.

Perbedaan yang ketujuh yang dapat dilihat dari bentuk anus yakni lovebird jantan memiliki bentuk anus yang kecil seolah-olah menonjol, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk yang lebar dan kelihatan rata.

Perbedaan yang kedelapan yang dapat dilihat dari tulang pubis yakni lovebird jantan memiliki tulang pubis yang sempit saar diraba, sedangkan lovebird betina memiliki tulang pubis yang melebar.

Itulah beberapa tips cara membedakan lovebird jantan dan betina, semoga bisa membantu anda.