Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering Dengan Cara Tradisional


Siapapun mesti pernah mengalami kulit kering, tentu merasa tidak nyaman sekali. Sehingga, muncul garis-garis pada kulit, kulit menjadi terkelupas, penuaan dan muncul kerutan pada kulit kering.

Umumnya kulit kering banyak sekali faktor penyebabnya. Hal ini, seperti kurangnya asupan cairan, dehidrasi, perubahan cuaca, pemakaian kosmetik, atau sabun yang biasa anda gunakan sehari-hari, dll. Begitu juga kelenjar sebaceous yang kurang stabil menghasilkan minyak alami pada kulit bisa menimbulkan terjadinya kulit kering.

Beberapa kesalahan yang dilakukan sehingga muncul terjadinya kulit mengering, hal ini perlu diperhatikan.

a. Tidak menggunakan master saat tidur
Penggunaan masker bisa menangkal terjadinya kulit kering, dengan begitu masker bisa memberikan hidrasi pada kulit, menghilangkan kemerahan dan kulit pecah-pecah.

b. Penggunaan pelembab minyak
Jangan sembarangan menggunakan pelembab berbasis minyak, ini salah satu faktor kulit mengering, anda harus paham jenis kulit anda dan kebutuhannya. sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung asam laktat karena kandungan asamnya akan menghilangkan kulit mati lebih baik dibandingkan dengan pelembab yang kaya minyak.

c. Mengutamakan pengobatan daripada pencegahan.
Saat anda mengalami kulit kering hal sering dilakukan adalah mengoleskan pelembab dan melakukan cara tersebut sesuai pemakaian. Jika anda rentan terhadap kulit kering mulai menggunakan pelembab setiap hari selesai mandi. Namun, saat anda malas melakukannya secara rutin kulit kering akan menjadi masalah dan semakin buruk.

Setelah mengamati penyebab dan kesalahan dalam perawatan untuk mengatasi kulit kering, dibawah ini perpusama sajikan beberapa cara mengatasi masalah kulit kering dengan cara alami dan tradisional.

Cara mengatasi masalah kulit kering dengan cara alami dan tradisional


1. Mengonsumsi makanan bergizi dan air putih
Salah satu mengatasi kulit kering dengan mengonsumsi makanan bergizi. Seperti, sayuran dan buah-buahan, selain itu rajinlah minum air putih secara teratur dan cukup. Sehingga masalah kulit kering bisa teratasi.

2. Mengonsumsi cranberry
Buah cranberry tergolong kaya nutrisi dan rendah kalori, cranberry bisa anda jadikan minuman jus setiap hari. Dan menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion yang bisa mengeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang menyebabkan kulit dehidrasi.

3. Mengonsumsi ikan
Sering mengonsumi ikan dan sayuran dalam makan sehari-hari bisa membantu untuk menghilangkan kulit kering.Faktanya ikan dan sayuran kaya asam lemak dan vitamin. Sehingga membuat kulit menjadi kenyal dan terhidrasi.

4. Pelembab alami
Peranan pelembab pada kulit kering sangat penting untuk membersihkan kulit yang kasar, sehingga membantu pengelupasan kulit wajah. Pelembab alami yang bisa anda gunakan misalnya, bubuk almond, minyak argan, dan madu.

5. Lidah buaya
Perawatan kulit kering kali ini menggunakan lidah buaya, kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya sangat efektif untuk membantu kulit dari paparan sinar matahari dan kulit kering. Anda bisa menggunakan Gel dari lidah buaya tersebut sebagai krim untuk perawatan kulit kering.

6. Minyak kelapa
Bahan herbal sederhana dan ekonomis ini bisa membantu mengatasi kulit kering, anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan kulit yang bermasalah, selain itu jika mengalami bibir kering  anda bisa gunakan minyak kelapa tersebut. Banyak sekali manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan lainnya.

7. Yogurt dan telur
Kandungan protein dan lemak pada keduanya sangat baik bisa membantu mengatasi kulit kering, sebaiknya gunakan yogurt original tanpa tambahan gula dan rasa. Ambil beberapa sendok yogurt dan tambahkan campuran telur kedalamnya. Oleskan pada kulit secara merata dan lakukan pemijatan secara perlahan agar meresap sempurna.

8. Masker alpukat
Menggunakan masker alpukat dan tambahan madu. Kedua campuran alpukat dan madu dapat mengatasi kulit kering. Alpukat yang memiliki peranan sebagai antibakteri sedangkan madu membantu menghindrasi kulit kering dari noda.

9. Krim susu
Salah satu perawatan kulit kering dengan susu, anda bisa menggunakan krim susu setiap hari untuk perawatan kulit. Hal ini bisa melembabkan kulit sehingga bisa membersihkan lingkaran hitam pada kulit.

10. Berolahraga
Peranan penting untuk kesehatan tubuh adalah rajin berolahraga, seseorang yang melakukan olahraga setiap hari dan teratur akan memberikan tubuh berenergi, menyegarkan kulit, sehingga masalah kulit kering bisa teratasi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan kesalahan dalam perawatan kulit kering, mungkin bisa mengubah cara prilaku anda dalam perawatan tersebut. Dan beberapa bahan alami yang di rekomendasikan diatas semoga bisa membantu anda dalam mengatasi kulit kering.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah kulit kering dengan cara tradisional. Semoga bermanfaat.