Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lomba 17 Agustusan Yang Unik, Lucu dan Menarik di Tengah Pandemi


Masyarakat Indonesia sangat antusias menyambut bulan agustus, karena bulan tersebut memiliki makna spesial untuk mengenang para pahlawan. Dan bulan ini tepatnya tanggal 17 agustus seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan atau HUT RI.

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia seluruh masyarakat di berbagai pelosok wilayah indonesia turut memeriahkan dengan mengadakan bermacam-macam lomba menarik dan lucu.

Selain seru dan lucu lomba-lomba tersebut menumbuhkan sikap persatuan atau kekeluargaan. Dengan demikian rasa persatuan masyarakat bisa semakin erat dan saling dekat satu sama lain. Sesuai dengan makna pancasila sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia.

Saat menentukan lomba untuk merayakan HUT RI mungkin anda merasa bosan dengan lomba itu-itu saja. Berikut ini ada beberapa macam lomba yang kami rekomendasikan untuk memeriahkan hari perayaan  kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi saat ini. "Dikutif dari detiktravel.com."

Daftar Lomba 17 Agustusan Yang Unik,Lucu dan Menarik di Tengah Pandemi


1. Lomba Bikin Video Kreatif
Zaman sekarang hampir semua orang menonton video di YouTube. Nah, para panitia 17-an bisa memanfaatkan momen ini menjadi salah satu tema perlombaan untuk membuat video kreatif hari Kemerdekaan.
Para peserta bisa diminta untuk memberikan ucapan dengan editan menarik dalam sebuah video dan diunggah ke laman YouTube.

2. Lomba Tiktok
Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk anak-anak adalah Tiktok. Para peserta bisa berkreasi se-unik mungkin dengan gerakan-gerakan lucu dan ditampilkan di TikTok. Jangan lupa angkat tema hari Kemerdekaan ya!

3. Lomba Turnamen Game Online
Game online banyak digemari oleh generasi sekarang. Nah, permainan ini juga bisa menjadi salah satu ide lomba agustusan yang tentu diminati dan tentu menjaga jarak karena dimainkan dari rumah masing-masing.

4. Lomba Kuis Online
Kalau biasanya lomba kuis dilakukan secara beregu, tidak ada salahnya mencoba kuis sendiri-sendiri secara online dari rumah. Panitia bisa mengangkat tema-tema hari kemerdekaan sebagai pertanyaan agar selalu mengingat perjuangan para pahlawan.

5. Lomba Cuci Tangan
Cuci tangan menjadi lomba 17 agustus yang hemat biaya. Selain itu, lomba ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan melakukan gerakan cuci tangan yang benar.

6. Lomba Menghias Masker
Masker menjadi barang wajib yang harus digunakan di masa pandemi virus corona. Nah, tidak ada salahnya bukan memanfaatkan barang ini sebagai salah satu lomba agustusan? Caranya mudah, cukup siapkan masker polos dan minta peserta untuk menghiasnya sesuai dengan kreativitas masing-masing.

7. Lomba Tebak Bibir Online
Lomba ini bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu bertemu langsung. Para peserta diminta untuk mengucapkan kalimat yang telah ditentukan panitia tanpa bersuara. Kemudian, peserta yang lain harus bisa menebak apa kalimat yang diucapkan.

8. Lomba Lomba Menulis
Menulis menjadi salah satu cara termudah merayakan hari Kemerdekaan. Ada banyak tema yang bisa diangkat, misalnya mengenai perjuangan, perayaan, hingga rasa cinta terhadap tanah air.

Lomba-Lomba Agustusan Lain yang Familiar 

"Dikutif dari mamikos.com."

1. Lomba balap karung pakai helm
Bukan cuma balap motor saja yang harus mengutamakan keselamatan dengan pakai helm, lomba balap karung juga harus mengutamakan keselamatan dengan pakai helm, dong! Selain menarik, tentunya melihat para peserta berlomba berjalan dengan karung namun juga menggunakan helm akan menjadi kelucuan tersendiri.

2. Lomba Balap Bakiak
Balapan bakiak merupakan permainan adu kekompakan yang membutuhkan seorang komando untuk mendapat garis finish tercepat. Di sini, bakiak yang digunakan bukanlah bakiak biasa yang ada di kamar mandi, tapi bakiak panjang yang bisa menampung 3 hingga 5 pasang kaki perorang.

3. Lomba Sepeda Lambat
Pada umumnya pertandingan sepeda itu siapa yang sampai digaris finish paling cepat adalah pemenangnya, tapi tidak pada perlombaan sepeda lambat ini. Pada lomba unik ini, pemenang adalah peserta yang paling lambat sampai di garis finish. Nah itulah tantangannya, bagaimana cara peserta mengendalikan sepedanya agar bisa berjalan sangat lambat sehingga menjadi pemenangnya.

4. Lomba Tangkap Bebek
Kalau anda familiar dengan yang namanya lomba tangkap belut, kali ini belutnya diganti dengan menggunakan bebek. Selain itu, tempat dilaksanakan lomba tangkap bebek ini harus di empang atau di kolam. Dijamin seru!

5. Lomba Merias Dengan Mata Tertutup
Cara mainnya sederhana, satu tim terdiri dari 2 anggota. Ada yang bertindak sebagai perias yang ditutup matanya dan ada yang menjadi objek riasnya. Perias yang ditutup matanya akan merias wajah dari temannya secantik mungkin dengan waktu yang sudah ditentukan oleh juri, yang paling cantik dialah pemenangnya.

6. Lomba Voli Dengan Net Ditutup Sarung
Normalnya perlombaan voli menggunakan net berupa jaring, namun berbeda dengan lomba voli satu ini karena menggunakan net yang tertutup alias sarung sehingga tidak bisa melihat lawan dan juga bola dari lawan.

17 Agustus adalah hari yang ditunggu- tunggu masyarakat Indonesia, untuk memeriahkan hari perayaan kemerdekaan dan mengenang jasa-jasa pahlawan. Hal ini bertujuan untuk menunjukan simbol rasa Persatuan Indonesia biar semakin dekat dan erat. Merdeka!!!

Itulah beberapa macam-macam lomba yang bisa dijadikan inspirasi untuk anda dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat.