Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HUT ke 75: Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus


HUT RI merupakan hari memperingati Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945 yang diselenggarakan setiap tahun sekali pada bulan agustus.

Tepatnya setiap tanggal 17 agustus semua rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan, sebagai bukti hormat untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur membela negara Indonesia.

Melaksanakan upacara pengibaran Bendera Sang Merah Putih setiap tanggal 17 agustus dari berbagai suku dan ras setiap pelosok daerah Indonesia turut melaksanakan, bagitu juga dengan para prajurit, Tni, Abri, Polisi, dan para Pejabat Negara. 

Saat menjelang hari kemerdekaan Presiden Republik Indonesia memberikan pidato kenegaraan dalam memperingati hari kemerdekaan sebagai kegiatan sakral untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Adapun berbagai lomba-lomba menarik yang diadakan disetiap daerah-daerah di Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan. Misalnya, lomba balap karung, lomba memakan kerupuk, lomba menari, lomba panjat pinang dll.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di jaman modern dan canggih ini tentu banyak sekali kata-kata ucapan hari kemerdekaan yang di share di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp dan lain sebagainya. Mungkin sebagian dari anda sedang mencari kata-kata ucapan hari kemerdekaan 17 agustus, berikut kami sediakan dibawah ini.

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 


"Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

"Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." – Wiji Thukul.

"Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka."

"Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-75 untuk rakyat Indonesia."

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!"

"Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

"Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

"Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

"Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita."

"Hari Rabu, pergi ke Australia. Dirgahayu Republik Indonesia."

"Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

"Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

"Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

"Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

"Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

"Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangglah mejadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

"Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

"Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka."

"Jangan membuat perbedaan manjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia."

"17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa."

"Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

 "Dalam pidatoku, sekali merdeka tetap merdeka. Kucetus semboyan: Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan." - Ir Soekarno

"Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan." - Jenderal Soedirman

 "Kemerdekaan untuk merdeka, kemerdekaan berarti mengakhiri untuk selama-lamanya penghisapan-penghisapan bangsa oleh bangsa, penghisapan-penghisapan yang tak langsung maupun penghisapan yang langsung." - Ir Soekarno

 "Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan." - Ir. Soekarno

"Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman

"Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta

"Selama orang percaya bahwa kemerdekaan akan tercapai dengan jalan putch atau anarchisme, hal itu hanyalah impian seorang yang lagi demam." - Tan Malaka

"Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!" - Ir Soekarno

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - RA Kartini

 "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi, Selamat HUT RI ke-75!" – Jenderal Sudirman

Hari kemerdekaan indonesia diperingati setiap tanggal 17 agustus setiap tahun sekali, dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih dilanjut dengan Pidato Presiden Republik Indonesia yang di ikuti oleh beberapa pejabat negara, anggota Tni, Abri, Polisi dll. Tak hanya itu, sebagai suku dan ras bangsa Indonesia di setiap pelosok daerah-daerah juga ikut memperingati. Hal ini sebagai bukti hormat kepada jasa para pahlawan-pahlawan yang telah gugur membela negara Indonesia.

Itulah beberapa kata ucapan selamat hari kemerdekaan 17 agustus, semoga menjadi inspirasi kita sebagai anak bangsa indonesia. Silahkan di share!