Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Untuk Pemula! Cara Menulis Artikel SEO agar Berkualitas


Blog pribadi dan perusahaan selalu membutuhkan artikel untuk diunggah secara teratur. 

Untuk blogger pemula, ini mungkin tidak mudah. Mulai dengan belajar memahami istilah kata yang ditemukan di blog dan situs web, teknik menulis yang baik dan benar, hal-hal yang harus dihindari, dan langkah-langkah yang harus diikuti untuk membangun blog yang sukses. Ini semua adalah kondisi yang harus dipenuhi untuk memberikan kinerja yang baik dalam hasil pencarian Google.

Oleh karena itu, tips pertama untuk sukses sebagai penulis blog adalah mengetahui istilah-istilah di blog dan kemudian bagaimana menulis artikel yang bagus. Ini berarti bahwa tulisan Anda harus berisi artikel yang SEO atau SEO friendly. Plugin yang digunakan untuk mengelola SEO tidak membantu sepenuhnya. Namun, kualitas blog yang ia kelola sangat dipengaruhi oleh penulisan artikelnya.

Berikut ini adalah tips lengkap untuk menulis artikel di blog atau situs web sesuai dengan aturan penulisan SEO terbaru dalam informasi di bawah ini.

Tips cara menulis article SEO untuk Pemula


1. Gunakan kata kunci yang banyak diminta oleh publik.

Sebelum Anda mulai menulis, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah mencari tahu terlebih dahulu kata kunci atau sering kali kata kunci yang dicari pengunjung atau audiens Anda berdasarkan diskusi artikel Anda. Karena itu, Anda juga harus mulai memahami siapa audiens Anda atau siapa yang 
membaca blog Anda. Karenanya, Anda akan dapat menemukan kata kunci di mesin pencari Google.

2. . Buat struktur artikel

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan untuk diskusi adalah struktur artikel. Kiat-kiat ini dilakukan sebelum menulis artikel. Secara umum, struktur artikel dibagi menjadi tiga bagian terkenal, yakni prolog atau bagian pembuka, konten dan epilog atau bagian akhir. Dengan menentukan bagian secara berurutan, Anda tidak akan kesulitan menyusun artikel.

3. Unggah konten secara teratur

Setelah memahami beberapa saran praktis sebagai panduan untuk menulis artikel blog, Anda harus menerapkannya secara konstan atau terus menerus. Jika Anda tidak konsisten ketika menulis blog, hasilnya tidak akan baik, usaha Anda untuk menulis artikel berkualitas akan anonim. Jadilah aktif dalam menulis dan menjadi blog yang aktif karena Google akan memberikan nilai lebih kepada blog yang rajin.

4. Pengoptimalan gambar

Agar pembaca tidak bosan, tips bagus untuk menyisipkan gambar ke dalam subjek artikel. Terutama jika item dibuat selama itu, di sinilah peran gambar diperlukan. Namun, gambar seperti apa yang baik untuk menulis artikel? Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika memilih gambar yang benar.

Beberapa dari mereka adalah hal utama adalah bahwa gambar harus memastikan memiliki nama file dengan fokus kata kunci yang digunakannya, berhemat atau ubah ukuran gambar untuk membuatnya lebih cepat dan sebagainya.

5. Manfaatkan tautan internal dan eksternal.

Apa fungsi tautannya? Tautan dalam artikel memiliki fungsi memberikan lebih banyak penjelasan kepada audiens atau pembaca terkait dengan topik artikel. Untuk menulis artikel berkualitas, Anda dapat memanfaatkan tautan internal dan eksternal. Tautan internal merujuk ke tautan yang merujuk ke blog itu sendiri. Sedangkan tautan eksternal adalah tautan yang merujuk ke situs selain blog Anda.

Keduanya memiliki peran masing-masing. Tautan internal akan memungkinkan audiens menjelajahi atau membaca tulisan Anda yang lain. Meskipun tautan eksternal akan meyakinkan audiens bahwa penulis sebelumnya telah melakukan penelitian tentang penulisan artikel.

6. Perhatikan elemen penting dari blog.

Apakah Anda tahu komponen apa yang ada di blog? Kebanyakan blogger menyebutkan dua komponen yang terdiri dari kalimat dan paragraf. Namun pada kenyataannya di blog ada komponen lain yang harus Anda waspadai, yaitu URL, judul blog, dan header. Untuk membuat tulisan berkualitas, lengkapi semua komponen ini.

Dengan menerapkan tips praktis sederhana ini akan meningkatkan peluang blog Anda akan menerima pengunjung atau banyak lalu lintas secara gratis, semoga bermanfaat!