Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Wudhu

Berwudhu sebelum melakukan shalat hukumnya wajib, karena wudhu membersihkan dari segala hadas, sebelum berhadapan dengan Allah SWT. Selain itu manfaat wudhu menjaga kebersihan fisik dan rohani. 

Dari Rasulullah SAW bersabda: "Tidak diterima sholat salah seorang dari kalian apabila ia berhadas, hingga ia berwudhu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan doa setelah wudhu

“Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya lalu ia mengucapkan"

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

"ASY-HADU ALLA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA ROSULUH, ALLOHUMMAJ’ALNII MINATTAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIIN"

Artinya: Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Adapun beberapa manfaat lain dari berwudhu yang bisa anda rasakan diantaranya:



Menghapus kejelekan
Sesuai dengan hadist dijelasakan seseorang yang berwudhu menghapus kejelekannya.

“Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. At-Thabrani).

Meneladai sunah rasul
Nabi Muhammad Saw adalah orang yang rajin dan taat selalu menjaga wudhu, bukan hanya saat shalat saja tetapi disela-sela aktivitasnya. termasuk saat berdzikir 

“Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i).

Mengangkat derajat
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim).

Bercahaya Saat Hari Kiamat
Orang-orang yang senantiasa menjaga wudhunya dan melakukan cara berwudhu yang benar, maka dihari kiamat kelak mereka akan datang dengan wajah yang berseri-seri. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Muslim)

Dicintai Oleh Allah Ta’ala
Siapa yang tidak mau dicintai oleh rabb penguasa alam semesta, jika Allah mencintai seorang hamba maka malaikat dan semua penduduk langit turut mencintainya.
Salah satu upaya agar dicintai oleh Allah adalah dengan menjaga wudhu sebagaimana dijelaskan dalam hadist

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al-Baqarah: 222).

Menjaga kesehatan mulut
Saat berwudhu yaitu berkumur-kumur. Dalam medis dijelaskan seringnya berkumur akan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Karena bakteri dari sisa-sisa makanan akan dibersihkan dengan air wudhu.

Menjaga kesehatan hidung
Dengan membasuh hidung akan membersihan kotoran yang nempel sehingga hidung menjadi bersih dan pernafasanpun jadi lancar.

Menjaga kesehatan telinga
Berwudhu juga bisa membersihkan telinga dari kotoran dan kuman. Telinga rentan terkena kotoran jika tidak segera dibersihkan maka akan menyebabkan infeksi. Wudhu merupakan salah satu cara yang tepat untuk merawat telinga agar lebih bersih.

Menjaga kesehatan mata
Mata merupakan salah satu organ terpenting yang harus dijaga, untuk melindungi mata adalah dengan cara rutin berwudhu, air wudhu bisa membasuh segala kotoran yang ada disekitaran wajah dan mata. Sehingga resiko penyakit pada mata bisa dihindari.

Mencegah timbulnya jerawat
Jerawat yang tumbuh di awali dari kotoran yang numpuk pada pori-pori kulit. Jika anda malas membersihkan maka  akan menjadi tumbuhnya jerawat. Saat anda berwudhu semua kotoran akan dibasuh dan kulit wajah menjadi bersih, sehingga bisa dihindari tumbuhnya jerawat.

Itulah penjelasan lengkap tentang bacaan doa setelah wudhu, dan beberapa manfaat berwudhu yang bisa anda rasakan, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.