Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Turun Hujan Dan Artinya | Hadist Shahih

Hujan adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT, di tanah yang kering dan gersang, ketika air diturunkan di atasnya akan berpindah dan menjadi subur serta pada tanah yang tandus, tidak tumbuh tanaman maka akan tumbuhlah tanaman yang indah.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika melihat awan yang belum berkumpul di ufuk langit, ia menghentikan aktivitasnya meskipun sedang shalat, kemudian melanjutkan kembali ketika hujan berakhir.

Ketika melihat langit mendung, Rasullullah Sallallahu Alaihi Wasallam berjalan mondar-mandir atau keluar-masuk, lalu wajahnya berubah. Istrinya, Aisyah, akan mengerti jika Beliau melakukan itu.



Lalu Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam mengatakan, "Aku tidak mengetahui apa ini, seakan-akan inilah yang terjadi (pada Kaum 'Aad) sebagaimana Allah berfirman (yang artinya), "Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka." (QS. Al Ahqaf [46] : 24)"[3]

Seharusnya seseorang menjadi kusut pikirannya secara mental jika mengingat apa yang terjadi pada orang-orang di masa lalu dan ini adalah peringatan untuk selalu takut akan siksaan yang menimpanya, yaitu para pengikut sebelumnya.


Jika Allah memberi berkah hujan, dianjurkan seorang Muslim membaca doa sebagai berikut:

Doa Ketika Turun Hujan

Diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhari, saat melihat hujan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

“Allahumma shoyyiban naafi’aa "

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa Saat Hujan Lebat Di khawatirkan Banjir

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺣَﻮَﺍﻟَﻴْﻨَﺎ ﻭَﻻَ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ، ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍْﻵﻛَﺎﻡِ ﻭَﺍﻟﻈِّﺮَﺍﺏِ، ﻭَﺑُﻄُﻮْﻥِ ﺍْﻷَﻭْﺩِﻳَﺔِ ﻭَﻣَﻨَﺎﺑِﺖِ ﺍﻟﺸَّﺠَﺮِ

"Allahumma hawalaina wa l alaina. Allahumma ‘alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari."

Artinya, "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon."

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176

Itulah penjelasan tentang bacaan doa saat turun hujan, kita sebagai umat muslim dianjurkan membaca doa tersebut sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Semoga bermanfaat.