Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Lemon Untuk Perawatan Wajah dan Kesehatan

Buah lemon adalah salah satu buah dari jenis jeruk yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna kuning dengan khas rasa yang masam, buah lemon dalam bahasa latin disebut CitrusLimon. Buah lemon sangat bagus untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam buah lemon kaya akan manfaat sebagai antioksidan, sumber vitamin dan nutrisi.

Manfaat mengonsumsi buah lemon sebenarnya ada banyak sekali, selain dikonsumsi buah lemon banyak digunakan sebagai bahan pembuatan masker alami atau bahan tambahan  produk kecantikan dengan bahan dasar buah lemon. 

Kandungan lain yang terdapat dalam buah lemon diantaranya adalah vitamin C, asam sitrat, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, dan kalium. 


Wah ternyata buah lemon memiliki banyak nutrisi yang lengkap, serta kandungan rendah kalori yang bisa membantu anda dalam proses diet yang sehat. Untuk mengetahui manfaat buah lemon lainnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan, yuk simak beberapa khasiat dari buah lemon berikut ini.

Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang mematikan dan tentu ditakuti oleh semua orang, penyakit ini banyak macamnya bahkan sulit diobati dan untuk pengobatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jagalah kesehatan anda supaya tidak terkena penyakit mematikan ini, upaya mencegah dan menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi buah lemon. Mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Para peneliti telah membuktikan bahwa kandungan naringenin yang terdapat dalam buah lemon bisa mencegah dan menghambat penyakit kanker. Anda bisa jadikan buah lemon ini sebagai solusi sehat yang bisa anda lakukan. 


2. Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau ketika sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan baik. Hasilnya, penderita anemia akan tampak pucat dan mudah lelah. Jika Anda mengalami anemia, Anda harus makan lemon. Buah ini bisa menjadi solusi sehat untuk anemia dan tanpa efek samping.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan segelas air hangat dengan percikan air jeruk nipis. Cukup satu buah dengan tambahan madu secukupnya sehingga bisa diminum selagi panas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Meningkatkan Metabolisme tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi kita. Upayakan untuk terus meningkatkan metabolisme tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Salah satunya, manfaat ini bisa Anda dapatkan dari buah lemon.

Konsumsi lemon secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan air dalam lemon yang memperpanjang efeknya secara penuh. Tubuh akan menjaga nutrisinya. Manfaatnya bisa Anda rasakan secara maksimal dengan mengonsumsi jus lemon dalam kondisi dingin.

4. Melancarkan BAB

Buang air besar kurang baik atau tidak lancar, bahkan bisa merasa anda tersiksa bukan? Kondisi ini menandakan bahwa sistem pencernaan Anda sedang bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. Nah kabar baiknya adalah Anda bisa dengan mudah mengobatinya langsung dengan bantuan jus lemon.

Anda bisa mulai mengonsumsinya dengan meminum jus lemon setidaknya dua kali sehari saat Anda kesulitan buang air besar. Bagaimana cara memulai buang air besar dengan perasaan bahwa jeruk nipis pasti lebih sehat dari pada mengonsumsi bahan kimia. 


5. Mencegah Batu Ginjal

Selain kanker, penyakit lain yang harus diwaspadai adalah batu ginjal. Nah, lemon juga memiliki khasiat yang baik dalam upaya mencegah penyakit batu ginjal ini. Menurut peneliti yang pernah melakukan penelitian terkait lemon, disimpulkan bahwa kandungan asam sitrat yang dikandungnya mampu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

6. Mencerahkan Wajah 

Buah lemon dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, oleh karena itu lemon memiliki manfaat kecantikan terutama dalam mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah lebih bercahaya. Bagaimana lemon digunakan untuk mendapatkan manfaat ini? Anda hanya perlu memeras lemon lalu mencampurkannya dengan satu sendok makan madu. Terakhir, aplikasikan di wajah Anda secara merata.

7. Menurunkan berat badan

Makan lemon secara teratur dapat menurunkan berat badan secara efektif. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, Anda bisa melakukan beberapa tips menggunakan jus lemon sebagai pola makan yang sehat, terutama untuk mencegah terjadinya obesitas.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu menambahkan segelas air hangat ke dalam air perasan jeruk lemon. Untuk merasakan manfaat yang optimal, Anda bisa meminumnya setelah berolahraga.

Itulah penjelasan lengkap tentang manfaat ataupun khasiat dari buah lemon yang bisa anda ketahui untuk solusi kesehatan dan kecantikan.